Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Xi Jinping Amankan Masa Jabatan Ketiga | PM Inggris Liz Truss Mundur

KOMPAS.com - Selama sepekan terakhir, dunia menjadi saksi peristiwa politik yang terjadi di dua negara besar di dunia.

Pertama, Perdana Menteri Inggris Liz Truss secara mengejutkan mengundurkan diri dari kursinya setelah mendapat tekanan kedua belah pihak.

Kedua, Xi Jinping mengamankan masa jabatan ketiga sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China sekaligus negara tersebut.

Selain itu, ada pula berbagai berita internasional yang banyak disimak pembaca. Berikut kami rangkumkan berita internasional selama sepekan dari Kompas.com edisi Senin (17/10/2022) hingga Minggu (23/10/2022).

1. PM Inggris Liz Truss Mundur, Disambut Riang Gembira oleh Rusia

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis (20/10/2022) menyambut baik PM Inggris Liz Truss mundur.

Rusia menyebut Truss adalah aib, seorang pemimpin yang akan dikenang karena bencana kebodohannya.

"Inggris tidak pernah mengetahui aib seorang perdana menteri," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova dalam sebuah unggahan di media sosial.

Baca selengkapnya di sini.

2. Resmi, Xi Jinping Amankan Masa Jabatan Ketiga, Penguasa China Terkuat Sejak Mao Zedong

Pada Minggu, Xi Jinping mengamankan masa jabatan ketiga sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China sekaligus presiden negara tersebut.

Kembali terpilihnya Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China menjadikannya sebagai penguasa paling kuat di negara itu sejak Mao Zedong.

Selain itu, Xi Jinping juga kembali diangkat sebagai Ketua Komisi Militer Pusat.

Anda bisa membaca berita ini selengkapnya di sini.

3. Momen Mencekam Kabin Pesawat Penuh Asap, Penumpang: Diminta Berdoa dan Sulit Bernapas

Detik-detik dalam pesawat yang terpaksa mendarat darurat terekam dalam sebuah video, dengan penumpang yang ketakutan mengaku seolah terjekik kesulitan bernapas dan diduga diminta mulai berdoa setelah kabin pesawat dipenuhi asap.

Rekaman dari penerbangan menunjukkan asap tebal memenuhi kabin. Sementara penumpang mengatakan setelah itu mereka berjuang untuk bernapas selama 25 menit.

Insiden mengerikan itu terjadi di atas pesawat bernomor penerbangan SG 3735, sebuah pesawat SpiceJet yang lepas landas dari Goa, India.

Simak berita ini selengkapnya di sini.

4. Dapat Gaji Salah Transfer Rp 2,6 Miliar dari HRD, Pegawai Ini Langsung "Resign" lalu Hilang

Seorang pegawai di Chile mendapat gaji berlebih karena kesalahan transfer dari Human Resources Department (HRD) perusahaan tempatnya bekerja.

Pegawai yang tak disebutkan namanya di Consorcio Industrial de Alimentos (Cial) itu seharusnya mendapat gaji sekitar 500.000 peso Chile (Rp 7,9 juta), tetapi karena kesalahan transfer dari HRD dia mendapat 165.398.851 peso Chile (Rp 2,6 miliar).

Pegawai itu sempat mendatangi manajernya ketika menyadari ada yang tidak beres, kemudian si bos meminta dia ke bank untuk mengembalikan kelebihan uangnya.

Bagaimana kelanjutannya? Simak di sini.

5. Kepedihan Ibu-ibu Gambia Kehilangan Anaknya akibat Gagal Ginjal Akut, Tuntut Keadilan atas Skandal Obat Sirup

Sepeda motor merah mainan mulai berdebu teronggok di pojok rumah Mariam Kuyateh. Mainan itu sangat berarti untuk bocah 20 bulan, Musa, tetapi ia meninggal pada September.

Musa adalah satu dari 66 anak di Gambia yang diduga meninggal setelah diberikan obat batuk sirup yang berpotensi dikaitkan dengan gagal ginjal akut, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kantor berita Reuters menyebut jumlah korban meninggal hingga Rabu (19/10/2022) mencapai setidaknya 70 anak.

Baca selengkapnya di sini.

6. Saat Wawancara Jokowi dengan Media China Curi Perhatian Warga "Negeri Tirai Bambu"...

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mencuri perhatian warga China setelah wawancara dengan media resmi setempat CCTV tersiar luas di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Hingga Senin (17/10/2022) pagi atau hari keempat pascapenayangan perdana pada Jumat (14/10/2022), potongan pernyataan Jokowi hasil wawancara eksklusif presenter China Media Group (CMG) Zou Yun masih banyak ditemukan di media-media sosial.

Potongan-potongan video tersebut didapat dari dua kanal CMG, yakni CCTV 13 dan CGTN, yang menyiarkan wawancara eksklusif Presiden Jokowi dan Media China tersebut.

Simak berita selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/24/054500470/-kabar-dunia-sepekan-xi-jinping-amankan-masa-jabatan-ketiga-pm-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke