Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spek Rudal Hellfire R9X yang Buat Pemimpin Al Qaeda Tewas Tanpa Bekas Ledakan

Dikutip dari Daily Mail pada Selasa (2/8/2022), rudal Hellfire R9X hanya digunakan untuk membunuh target berprofil tinggi.

Adapun pemimpin Al Qaeda tewas di kawasan Shirpur, Kabul, ibu kota Afghanistan, Sabtu (30/7/2022) waktu AS, kata Presiden Joe Biden. Ia mengumumkannya pada Senin (1/8/2022).

Lalu, secanggih apa rudal Hellfire R9X yang dipakai AS untuk menewaskan Ayman Al Zawahiri?

Foto-foto bangunan yang dilihat kantor berita AFP menunjukkan jendela pecah di satu lantai, tetapi bagian bangunan lainnya termasuk jendela di lantai lain masih ada.

Anggota keluarga Zawahiri ada di rumah saat itu, tidak sengaja menjadi sasaran tetapi tidak terluka

Rudal Hellfire R9X membawa logam seberat 45 kilogam di ujungnya tanpa hulu ledak, tetapi memiliki enam bilah sejenis silet yang memanjang.

Senjata ini juga dijuluki rudal ninja karena menyayat target dan tidak meledak.

Bilahnya dapat diperpanjang yang dirancang untuk menghancurkan target tanpa memicu ledakan, sehingga mengurangi risiko kematian bagi orang-orang di dekatnya.

Pejabat AS tersebut menyebutkan bahwa pemimpin Al Qaeda tewas oleh serangan udara yang dirancang dengan tepat.

Akan tetapi, dikutip dari AFP, senjata ini tidak pernah diakui secara publik oleh Pentagon dan CIA, dua agen AS yang diketahui melakukan pembunuhan bertarget terhadap para pemimpin ekstremis.

Rudal Hellfire R9X dikembangkan saat masa kepresidenan Barack Obama pada 2011, di tengah kekhawatiran jumlah warga sipil yang tewas dalam serangkaian serangan drone di Timur Tengah.

Pembuat rudal Hellfire R9X adalah perusahaan Lockheed Martin dan Northrop Gumman sesuai permintaan gabungan CIA dan Kementerian Pertahanan AS. Namun, tidak diketahui berapa jumlah senjata ini yang dimiliki Pentagon.

Bahkan, rudal Hellfire R9X disebut senjata rahasia karena tidak dimasukkan dalam permintaan anggaran 2022 untuk pengadaan rudal.

Akan tetapi, senjata ini juga dilaporkan digunakan pada hampir belasan kesempatan lain untuk membunuh target tertentu.

Keberadaan rudal Hellfire R9X kali pertama dilaporkan oleh Wall Street Journal pada 2019. Surat kabar itu mengatakan, rudal tersebut digunakan dalam perang di Afghanistan, Libya, Irak, Yaman, dan Somalia.

Wall Street Journal juga melaporkan, rudal Hellfire R9X dapat menembus gedung dan atap mobil.

Salah satu contohnya dikutip dari kantor berita AFP adalah ketika rudal Hellfire R9X menewaskan pemimpin senior Al Qaeda yakni Abu Al Khayr Al Masri saat bepergian dengan mobil di Suriah pada Maret 2017.

Foto-foto kendaraan menunjukkan lubang besar di atap. Logam mobil, semua interior, termasuk penumpang tercabik-cabik secara fisik. Akan tetapi, bagian depan dan belakang mobil tampak utuh.

Hingga akhirnya sejak 2017 AS membuat varian rudal Hellfire R9X. Beberapa serangan bertarget lainnya menunjukkan hasil serupa, tanpa bekas ledakan dan target yang tersayat.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/02/115800970/spek-rudal-hellfire-r9x-yang-buat-pemimpin-al-qaeda-tewas-tanpa-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke