Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-112 Serangan Rusia ke Ukraina, Rusia Hancurkan Stasiun Kereta Api Tempat Pengiriman Senjata Barat, Gas ke Eropa Terus Dipangkas

KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-112, dengan biaya manusia dari perang tercatat merenggut hidup hampir dua pertiga anak-anak di Ukraina.

Pejabat PBB pun menyebut perang itu sebagai "krisis hak-hak anak". Ukraina mengatakan 313 anak telah tewas dan 579 terluka di tengah perang.

Sementara Direktur Eropa dan Asia Tengah untuk UNICEF mengatakan jumlah sekolah yang rusak kemungkinan mencapai ribuan, dan hanya sekitar 25 persen sekolah di Ukraina yang beroperasi.

Pertempuran untuk Severodonetsk Luhansk sekarang menjadi pertarungan terbesar di Ukraina, dengan para pembelanya mencoba untuk mengusir serangan gencar Rusia di kota-kota kembar di timur.

Kementerian pertahanan Rusia mengklaim telah menghancurkan gudang amunisi untuk senjata yang ditransfer oleh NATO, serta senjata dan peralatan militer yang dikirim dari AS dan negara-negara Eropa di beberapa stasiun kereta api.

Akan tetapi, Rusia melarang wartawan Inggris, termasuk koresponden dari Guardian, dan tokoh industri pertahanan memasuki negara itu.

Kremlin menyebutnya sebagai tanggapan terhadap sanksi barat, dan tekanan pada outlet media yang dikelola negara di luar negeri.

Berikut peristiwa penting yang berhasil dihimpun dalam rangkuman hari ke-112 serangan Rusia ke Ukraina.

AS memberi Ukraina 1 miliar dollar lebih banyak senjata

Presiden AS Joe Biden mengumumkan sokongan senjata dan amunisi baru senilai 1 miliar dollar AS untuk Ukraina, setelah menegaskan kembali dukungan Washington untuk Kyiv melawan invasi Rusia dalam panggilan telepon dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Paket itu mencakup lebih banyak artileri, sistem pertahanan anti-kapal pesisir dan amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih yang sudah digunakan Ukraina.

Dia membuat pengumumannya setelah Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mendesak sekutu untuk meningkatkan pengiriman senjata ke Ukraina. Kyiv mengatakan negara itu kalah senjata dan meminta sekutu Barat untuk bantuan militer yang lebih besar.

"Kami tidak boleh menyerah dan kami tidak boleh kehilangan tenaga. Taruhannya terlalu tinggi. Ukraina menghadapi momen penting di medan perang," kata Austin pada pertemuan di Brussel dengan sekitar 50 negara mendukung Ukraina.

Xi meyakinkan Rusia akan dukungan China 

Presiden China Xi Jinping meyakinkan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin tentang dukungan Beijing untuk Moskwa pada "kedaulatan dan keamanan" selama panggilan telepon, menurut media pemerintah.

China "bersedia untuk terus menawarkan dukungan timbal balik (kepada Rusia) pada isu-isu yang menyangkut kepentingan inti dan keprihatinan utama seperti kedaulatan dan keamanan," lapor penyiar negara China CCTV mengutip pernyataan Xi.

China telah menolak untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, dan dituduh memberikan perlindungan diplomatik untuk Rusia dengan mengecam sanksi Barat dan penjualan senjata ke Kyiv.

Dalam panggilan telepon tersebut, Kremlin mengatakan Xi dan Putin sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dalam menghadapi sanksi Barat yang "melanggar hukum".

AS mengungkapkan keprihatinan tentang keberpihakan China dengan Rusia, memperingatkan bahwa negara-negara yang berpihak pada Putin atas invasinya ke Ukraina akan "berada di sisi sejarah yang salah".

Rusia mengatakan Ukraina memblokir evakuasi

Moskwa mengatakan Ukraina pada Rabu (15/6/2022) memblokir rencana evakuasi warga sipil dari pabrik kimia di kota timur Severodonetsk yang dilanda perang.

Rusia membuat koridor untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik kimia Azot, tetapi "pihak berwenang Kyiv secara sinis menggagalkan operasi kemanusiaan", kata kementerian pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Separatis yang didukung Rusia di Luhansk mengatakan pasukan Ukraina telah "menyandera" hingga 1.200 warga sipil di pabrik kimia Azot di Severodonetsk, menurut laporan kantor berita milik negara Rusia TASS.

Gubernur Luhansk mengatakan sekitar 500 warga sipil tetap berada di pabrik Azot, termasuk 40 anak-anak, bersama para pejuang Ukraina yang mempertahankan salah satu kantong perlawanan terakhir di kota itu terhadap pasukan Rusia.

Rencana evakuasi datang setelah pasukan Rusia menghancurkan jembatan terakhir di atas sungai Donets ke Severodonetsk, dalam upaya untuk mengepungnya.

Kementerian pertahanan Inggris mengatakan dalam sebuah catatan intelijen bahwa pertempuran di pabrik Azot, seperti pertempuran selama berminggu-minggu untuk pabrik baja di pelabuhan Mariupol.

Kemungkinan, ini akan mencegah Rusia mengerahkan pasukan dari sana ke pertempuran lain.

Pengiriman peluncur roket Inggris segera

Inggris akan segera mengirimkan sistem roket multi-peluncuran ke Ukraina, sebagai tanggapan atas permintaannya akan senjata berat untuk mengusir invasi Rusia, kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

"Saya pikir itu sudah dekat, pengiriman mereka, dan amunisi harus berjalan beriringan", kata Wallace kepada wartawan di Oslo di sela-sela pertemuan Pasukan Ekspedisi Gabungan yang mengelompokkan 10 negara Eropa Utara.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun mengakui pasukan Ukraina menderita kerugian yang menyakitkan dalam memerangi pasukan Rusia di Severodonetsk dan wilayah Kharkiv.

Dia mendesak Barat untuk mengirim sistem anti-rudal yang lebih modern.

Gazprom memotong pengiriman gas Nord Stream lebih lanjut 

Raksasa gas Rusia Gazprom mengatakan pihaknya memotong pengiriman gas harian melalui pipa Nord Stream sebanyak 33 persen, setelah Jerman mengecam pemotongan sebelumnya sebagai aksi politik.

Pada Selasa (15/6/2022), Gazprom mengumumkan akan memotong pengiriman melalui pipa sekitar 40 persen menjadi 100 juta meter kubik per hari, karena pekerjaan "perbaikan" pada unit kompresor oleh perusahaan Jerman Siemens.

Negara-negara Eropa mengimpor 40 persen lebih banyak batu bara dari pusat ekspor utama Afrika Selatan dalam lima bulan pertama tahun ini daripada sepanjang 2021.

Itu terjadi sebagai cara untuk mengamankan alternatif batu bara Rusia, menurut laporan kantor berita Reuters.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menuduh beberapa negara kaya telah melakukan langkah berbahaya untuk bahan bakar fosil sebagai tanggapan atas perang di Ukraina.

Dia pun memperingatkan bahwa investasi baru yang dilakukan di batu bara, minyak dan gas adalah "delusi", mengingat dampaknya terhadap perubahan iklim .

Ikea mengurangi aktivitas di Rusia

Raksasa furnitur Swedia, Ikea, mengatakan akan "mengurangi" aktivitasnya di Rusia dan Belarus, setelah menundanya tanggapannya atas invasi Rusia ke Ukraina.

"Bisnis dan rantai pasokan di seluruh dunia telah sangat terpengaruh dan kami tidak melihat kemungkinan untuk melanjutkan operasi dalam waktu dekat," Ingka Group, yang mengelola sebagian besar toko Ikea, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Target Putin

Putin mungkin masih ingin menguasai banyak jika tidak semua Ukraina, tetapi harus mempersempit tujuan taktisnya dalam perang, kata Wakil Menteri Pertahanan AS.

“Saya masih berpikir dia memiliki desain untuk sebagian besar Ukraina, jika tidak di seluruh negeri. Itu yang dikatakan, tapi saya tidak berpikir dia dapat mencapai tujuan itu,” kata Colin Kahl saat berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh pusat keamanan baru Amerika.

Dmitry Medvedev, sekutu jangka panjang Presiden Rusia Vladimir Putin dan wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, mengunggah pesan ke Telegram di mana ia menyatakan keraguan bahwa “Ukraina bahkan akan ada di peta dunia” dalam waktu dua tahun.

Paus Fransiskus mengatakan invasi Moskow ke Ukraina “mungkin entah bagaimana terprovokasi”, ketika dia mengingat percakapan menjelang perang di mana dia diperingatkan bahwa NATO “menggonggong di gerbang Rusia”.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/16/064927470/rangkuman-hari-ke-112-serangan-rusia-ke-ukraina-rusia-hancurkan-stasiun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke