Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikan Mas Berusia 16 Tahun Jalani Operasi Besar akibat Bejolan di Perutnya

DUBLIN, KOMPAS.com - Nyawa ikan mas berusia 16 tahun terselamatkan melalui operasi untuk mengeluarkan massa besar yang menimbulkan benjolan dari perutnya.

Ikan bernama Gianlucca itu, dibius dan dikeluarkan dari air untuk operasi, yang dilakukan oleh ahli ikan Irlandia Marta Posim-Kosmowska.

Selama operasi ikan mas di Pusat Hewan Shenick di Balbriggan, Co Dublin, ikan mas itu secara teratur disiram dengan jarum suntik air dan oksigen untuk membuatnya tetap hidup.

Hewan peliharaan itu telah pulih sepenuhnya setelah pengangkatan bejolan diperutnya bulan lalu.

Ini bukan ikan pertama yang dioperasi oleh Marta dalam delapan tahun operasinya.

Ahli bedah hewan berusia 39 tahun ini memiliki spesialisasi dalam penyakit ikan dan pengobatan hewan eksotis di negara asalnya Polandia pada 2013.

Dia mengaku selalu tertarik dengan ikan.

“Saya pikir Gianlucca adalah laki-laki tetapi tidak mudah untuk membedakan jenis kelamin pada ikan mas. Pemiliknya menyelamatkannya dari kondisi yang meragukan dan meyakini usia ikan mas ini sekitar 16 tahun,” kata dia dilansir dari The Sun pada Jumat (3/6/2022).

“Saya telah merawatnya sebelumnya, tetapi kali ini operasi diperlukan setelah pemiliknya melihat ada benjolan yang semakin besar di perutnya."

"Operasi itu jelas merupakan operasi saya yang paling sulit karena saya harus membuka perutnya untuk mengeluarkan benjolan, tetapi untungnya, itu sukses."

Dia menjelaskan bahwa selama operasi, ikan dikeluarkan dari air sehingga dia dan tim perawat yang berpengalaman harus secara teratur menggunakan jarum suntik untuk memberikan air dan oksigen kepada ikan yang ditempatkan di bawah anestesi tersebut.

“Dia baik-baik saja untungnya. Ikan mas bisa hidup sampai usia 35 tahun jadi mudah-mudahan masih banyak tahun lagi yang tersisa baginya.”

Marta mengatakan, ikan mas rentan terhadap kanker kulit.

Dia telah menghilangkan benjolan dari luar ikan itu sebelumnya, dan pernah mengangkat matanya yang berubah menjadi tumor ganas.

“Banyak orang tidak percaya saya merawat ikan mas, karena begitu banyak (ikan mas) yang mati  dalam beberapa bulan dan kemudian diganti.”

“Tetapi bagi sebagian orang, ikan mas yang hidup bertahun-tahun bisa menjadi bagian dari keluarga seperti anjing atau kucing.”

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/04/210200970/ikan-mas-berusia-16-tahun-jalani-operasi-besar-akibat-bejolan-di-perutnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke