Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Pakai Drone dan Robot Anjing untuk Awasi Warga Tertib Karantina Selama Lockdown

SHANGHAI, KOMPAS.com - Video beredar di Twitter dan platform media sosial China Weibo tentang apa yang tampak seperti drone yang melayang di langit, menyiarkan pedoman lockdown Covid-19 kepada penduduk yang dikarantina.

Sebuah video menunjukkan drone dengan lampu merah berkedip melayang di atas gedung apartemen, menyiarkan pesan dengan keras.

Keterangan dalam video tersebut mengatakan bahwa klip itu diambil di sebuah distrik perumahan di Shanghai.

"Semuanya, jangan nyanyikan lagu di balkon kalian. Penduduk Songjiang Jiuting Park bernyanyi sedikit dan kemudian ada drone yang datang, mengatakan untuk mengendalikan keinginan akan kebebasan dalam jiwa seseorang," tulis keterangan di video.

Dalam video tersebut, drone terlihat terbang di atas gedung, dan suara robot menyiarkan pesan.

"Warga Jiuting. Selama pandemi, kami meminta Anda untuk mematuhi pembatasan Covid-19 dan pedoman terkait. Kendalikan keinginan jiwa Anda untuk kebebasan. Jangan buka jendela atau bernyanyi. Ini meningkatkan risiko penularan Covid-19," ucap imbauan dari drone, dilansir dari Insider, Kamis (7/4/2022).

Drone lain juga terlihat terbang di atas distrik Shanghai.

Drone ini menyiarkan pesan yang menunjukkan bahwa karena pembatasan selama lockdown Covid-19, siapa saja harus mengenakan masker wajah setiap saat dan tinggal di batas-batas asrama perguruan tinggi mereka.

Bukan hanya drone yang dikerahkan di Shanghai.

Video anjing robot yang berlari di sepanjang jalan kosong Shanghai juga telah diunggah ke Weibo.

Seekor anjing robot terlihat membawa pengeras suara dari mana pedoman penguncian Covid-19 disiarkan.

"Disinfeksi secara teratur. Ventilasi rumah Anda. Cegah pandemi dengan cara ilmiah," bunyi pesan siaran, dengan suara robot yang serupa.

Namun, kebijakan nol Covid di kota itu menuai kritik setelah muncul video yang mengganggu tentang bayi dan balita yang ditinggalkan tanpa pengawasan di pusat karantina yang penuh sesak di kota itu —sebuah langkah yang dibela oleh pemerintah China.

Rejimen pengujian massal kota itu telah memunculkan lebih dari 94.000 infeksi di pusat keuangan selatan sejak 1 Maret, menurut South China Morning Post.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/11/200000270/china-pakai-drone-dan-robot-anjing-untuk-awasi-warga-tertib-karantina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke