Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UNIK GLOBAL: Matahari Buatan | Pasangan Kembar Jim | Biro Jodoh PKC

KOMPAS.com - Banyak kejadian unik terekam pekan ini. Mulai Senin (7/2/2022) hingga Sabtu (12/2/2022), editor kami mengompilasi rangkuman berbagai peristiwa ini untuk Anda nikmati.

Ada kisah tentang pasangan kembar Jim, matahari buatan, berlian 555 karat, biro jodoh Partai Komunis China, dan selebgram yang diusir dari Vatikan.

Isu-isu unik ini bisa Anda nikmati dalam daftar berikut ini.

1. Kisah Unik Pasangan Kembar Jim, Puluhan Tahun Terpisah, tapi Selama Itu Memiliki Nasib Serupa

Pasangan kembar Jim dari Amerika Serikat (AS) bertemu lagi pada usia 39 tahun setelah dipisahkan tidak lama setelah dilahirkan.

Ketika bertemu, pasangan kembar itu menemukan bahwa mereka ternyata menjalani kehidupan identik yang tidak disengaja.

Mulanya, setelah diadopsi pada tahun 1940, mereka secara kebetulan dinamai oleh orang tua angkat masing-masing dengan nama yang sama, yakni James.

Selengkapnya? Anda bisa menyimak di sini.

2. Matahari Buatan Inggris Cetak Rekor Baru, Menyala 5 Detik Setara Daya 10.000 Rumah

Matahari buatan para ilmuwan Inggris mencetak rekor baru untuk menghasilkan energi dari fusi nuklir.

Proses tersebut sama dengan yang menggerakkan matahari, yang dipandang sebagai sumber potensial masa depan hampir tak terbatas.

Dikutip dari Sky News pada Rabu (9/2/2022), Joint European Torus (JET) yang merupakan mesin fusi eksperimental di dekat Abingdon di Oxfordshire, menghasilkan sekitar 59 megajoule atau 11 Megawatt energi selama menyala lima detik.

Kisah lebih lengkapnya bisa Anda simak di sini.

3. Berlian 555 Karat Terbesar di Dunia, Enigma, Laku Rp 61,4 Miliar

Enigma, berlian potong 555 karat terbesar di dunia, laku 3,16 juta pounds (Rp 61,4 miliar) saat dilelang di London pada Rabu (9/2/2022) setelah dipamerkan untuk kali pertama.

Berlian hitam langka atau carbonado tersebut diyakini tercipta ketika meteorit atau asteroid menghantam Bumi lebih dari 2,6 miliar tahun yang lalu.

Berlian 555,55 karat itu laku 3,16 juta pounds, tidak termasuk premi pembeli, pada penjualan online yang diadakan oleh rumah lelang Sotheby's yang terkenal di London.

Anda bisa menyimak selengkapnya di sini.

Zhang Shaoge ingin menikah, tetapi setelah tak kunjung menemui wanita yang tepat melalui teman dan pekerjaan, dia menyerahkan nasib asmaranya di tangan Partai Komunis China (PKC).

Seiring berkembangnya kekhawatiran atas penurunan angka kelahiran dan pernikahan di negara itu, dan efek lanjutan dari stagnasi ekonomi serta angkatan kerja yang menua, pejabat lokal dari cabang pemuda PKC mengambil peran sebagai makcomblang.

"Sudah waktunya untuk berkencan dan menikah pada usia ini. Tidak ada orang yang cocok di sekitar saya sekarang, jadi saya ingin memperluas lingkaran sosial saya," kata Zhang (30) tentang keputusannya menghadiri acara yang diselenggarakan pemerintah ini.

Kisah lebih lengkap bisa Anda simak di sini.

5. Berpakaian Terlalu Seksi dan Sembrono, Selebgram Brasil Diusir dari Vatikan

Seorang influencer/selebgram yang diidentifikasi sebagai Juju Vieira, dianggap "terlalu seksi" dan diusir dari tempat wisata di Vatikan.

Bintang media sosial itu dilaporkan mengenakan gaun ketat yang dipadukan dengan sepatu bot setinggi paha selama kunjungannya ke kota Suci Vatikan pada minggu terakhir bulan Januari.

Dia juga diminta pergi oleh keamanan Kota Vatikan setelah dianggap melanggar aturan berpakaian.

Selengkapnya bisa Anda simak di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/02/13/050000070/unik-global-matahari-buatan-pasangan-kembar-jim-biro-jodoh-pkc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke