Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Ukraina Kunjungi Garis Depan Konflik Lawan Rusia, Pakai Helm dan Rompi Antipeluru

Kunjungan dilakukan ketika kekhawatiran di Kiev meningkat bahwa Rusia sedang bersiap menyerang.

Ukraina yang merupakan negara pecahan Uni Soviet memerangi separatis pro-Rusia di wilayah timur Lugansk dan Donetsk sejak 2014, tak lama setelah Moskwa merebut Crimea.

Kiev dan para sekutu Baratnya menuduh Kremlin mendukung separatis - klaim yang dibantah Moskwa - dalam konflik yang telah merenggut lebih dari 13.000 nyawa.

"Saya merasa terhormat bisa bersama kalian hari ini," kata Zelensky kepada pasukan Ukraina saat mengunjungi pos mereka di Donetsk.

"Terima kasih telah melindungi kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina," katanya, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

"Saya yakin dengan orang-orang seperti kalian, kita pasti akan menang," lanjutnya dikutip dari AFP.

Foto yang dirilis oleh kantor kepresidenan menunjukkan presiden berusia 43 tahun itu di parit mengenakan helm dan rompi antipeluru, membagikan penghargaan kepada tentara-tentara Ukraina dan berjabat tangan.

Angkatan bersenjata Ukraina, yang dibentuk setelah Kiev merdeka dari Soviet pada 1991, merayakan ulang tahun ke-30 mereka hari itu.

Kunjungan Zelensky dilakukan pada malam pembicaraan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden, yang diperkirakan akan fokus pada kekhawatiran Washington atas kegiatan militer Rusia di dekat Ukraina.

Amerika Serikat dan sekutu Barat Kiev lainnya selama berminggu-minggu menuduh Rusia mengumpulkan pasukan di dekat Ukraina dan merencanakan invasi, tetapi Rusia menepis tuduhan itu.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/07/100100970/presiden-ukraina-kunjungi-garis-depan-konflik-lawan-rusia-pakai-helm-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke