Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Fans Kpop Thailand Bantu Sopir Tuk-tuk: Iklankan Idola Mereka

BANGKOK, KOMPAS.com – Sektor pariwisata dan transportasi di Thailand mendapat pukulan yang hebat akibat pandemi virus corona.

Salah satu pihak yang paling terpukul akibat pandemi adalah para sopir tuk-tuk. Tuk-tuk merupakan moda transportasi khas Thailand semacam bajaj di Indonesia.

Sebelum pandemi Covid-19, sopir tuk-tuk cukup lancar mendapatkan upah harian dengan mengangkut turis dari satu tempat ke tempat lain.

Namun kini, sopir tuk-tuk kesulitan mendapatkan upah harian karena jumlah kunjungan turis menurun drastis akibat pandemi yang sudah berlangsung setahun lebih.

Melihat kondisi perekonomian sopir tuk-tuk yang anjlok, para fans Kpop di “Negeri Gajah Putih” tak tinggal dia.

Seorang sopir tuk-tuk bernama Samran Thammasa menuturkan, mulanya dia didekati oleh beberapa penggemar Kpop dengan sebuah kesepakatan.

Kesepakatan itu berbunyi bahwa sopir tuk-tuk akan dibayar 600 baht atau sekitar Rp 272.000 sebulan jika sopir memasang gambar idola fans Kpop di tuk-tuk mereka.

Thammasa mengaku setuju. Pasalnya, lewat kesepakatn itu, dia dan teman-temannya mendapat tambahan penghasilan setelah lebih dari setahun sepi penumpang.

Namun, Thammasa menambahkan bahwa uang mereka terima dari iklan tersebut sangatlah berharga sebagaimana dilansir World of Buzz, Selasa (29/6/2021).

Kini, setelah iklan itu terpasang, sopir akan mengendarai tuk-tuk kosong mereka di sekitar kota dan berhenti ketika penggemar ingin berfoto dengan iklan itu.

Dari situ, mereka juga akan mendapatkan beberapa tips dari penggemar.

Sebelum protes anti-pemerintah kembali dimulai pada 2020, para penggemar Kpop biasanya saling bersaing satu sama lain untuk membeli ruang iklan dari perusahaan transportasi.

Setelah aksi protes pecah, para fans Kpop ini percaya bahwa usaha-usaha kecil jauh lebih layak mendapatkan uang daripada perusahaan transportasi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/01/071058270/cara-fans-kpop-thailand-bantu-sopir-tuk-tuk-iklankan-idola-mereka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke