Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelabuhan di Bangladesh Dibanjiri Orang Sebelum Lockdown Nasional

DHAKA, KOMPAS.com - Pelabuhan kapal feri di Dhaka, Bangladesh dibanjiri orang yang ingin keluar dari kota untuk menghindari lockdown nasional yang ketat yang mulai berlaku.

Selama lockdown 7 hari yang dimulai pada Senin (28/6/2021), tidak ada seorang pun di Bangladesh akan diizinkan meninggalkan rumah mereka kecuali dalam keadaan darurat.

Hal itu kemudian mendorong orang-orang untuk pindah keluar dari ibu kota Dhaka yang sibuk ke rumah mereka di kota lain atau desa-desa.

Melansir BBC pada Sabtu (27/6/2021), kasus Covid-19 di negara itu tercatat telah melonjak, banyak di antaranya terkait dengan varian Delta yang pertama kali diidentifikasi muncul di negara tetangganya, India.

Gelombang virus corona terbaru di Bangladesh dimulai sekitar 6 pekan yang lalu. Pada 15 Mei, ada 261 kasus baru dan 22 kematian dilaporkan.

Pada Jumat (25/6/2021), ada 5.869 kasus baru dan 108 kematian, yang merupakan jumlah kematian harian tertinggi kedua di Bangladesh sejak awal pandemi Covid-19.

Banyak rumah sakit memiliki jumlah pasien yang membludak dan kesulitan untuk mengatasinya, terutama yang berada di perbatasan India.

Dengan peningkatan kasus yang tajam, layanan kereta api dan bus sudah dihentikan, kecuali untuk layanan darurat.

Orang-orang yang berharap untuk meninggalkan kota terpaksa menyewa kendaraan pribadi, atau bahkan berjalan kaki, karena penutupan transportasi.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Informasi Pers Bangladesh (PID) mengatakan bahwa semua kantor, termasuk kantor pemerintah, semi-pemerintah dan swasta, juga akan ditutup.

Editor BBC Asia Selatan Jill McGivering melaporkan bahwa pekerja berpenghasilan rendah dan pekerja harian akan menjadi salah satu yang paling terpukul oleh lockdown yang ketat.

Juru bicara departemen kesehatan Robed Amin mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa polisi dan penjaga perbatasan akan dikerahkan untuk menegakkan lockdown dan menghentikan orang meninggalkan rumah mereka.

Dia menambahkan bahwa tentara juga dapat dikerahkan jika diperlukan.

"Ini adalah situasi yang berbahaya dan mengkhawatirkan," kata Amin.

"Jika kita tidak menahannya sekarang, kita akan menghadapi situasi seperti India," imbuhnya.

Gelombang kedua infeksi Covid-19 yang sangat buruk di India pada April dan Mei, disebut sebagian besar didorong oleh varian Delta.

Meskipun negara itu mulai dibuka kembali, para ahli telah memperingatkan bahwa akan terjadi gelombang ketiga dalam beberapa bulan ke depan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/27/082824370/pelabuhan-di-bangladesh-dibanjiri-orang-sebelum-lockdown-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke