Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ditemukan Kasus Covid-19 Pertama di Kalangan Atlet Olimpiade Tokyo

Perhelatan olahraga dunia itu ditunda tahun lalu. Tetapi sekarang kompetisi akan tetap berjalan meskipun ada gelombang baru kasus Covid-19 Jepang.

Uganda juga mengalami lonjakan kasus, yang memaksa pemerintahnya memperketat tindakan penguncian pada Jumat (18/6/2021).

Atlet Uganda yang tidak disebutkan namanya itu adalah bagian dari sembilan anggota regu yang telah divaksinasi penuh, kata laporan-laporan.

Kelompok itu, yang terdiri dari atlet petinju, pelatih, dan ofisial, juga dinyatakan negatif sebelum meninggalkan Uganda.

Namun, salah satu dari mereka dinyatakan positif pada saat kedatangan di bandara Narita Tokyo pada Sabtu (19/6/2021).

Dia lalu dikarantina di fasilitas yang ditunjuk pemerintah, kata pejabat Jepang seperti dikutip oleh media lokal.

BBC pada Minggu (20/6/2021) melaporkan anggota skuad lainnya berangkat dengan bus sewaan ke Osaka, di Jepang barat, tempat mereka akan berlatih menjelang Olimpiade.

Skuat Uganda adalah kelompok kedua dari atlet asing yang datang untuk kompetisi. Skuat softball putri Australia tiba pada 1 Juni.

Dalam masa pandemi ini, penonton asing dilarang mengikuti Olimpiade. Penyelenggara diharap mengambil keputusan tentang apakah akan mengizinkan penonton domestik pada pertemuan Senin (21/6/2021).

Tingginya skeptisisme publik

Tidak memiliki penonton di Olimpiade adalah pilihan "paling tidak berisiko", kata para ahli medis Jepang.

Tetapi pejabat Jepang lainnya telah mengindikasikan bahwa mereka ingin penggemar domestik hadir jika memungkinkan.

Pada Minggu (20/6/2021), Tokyo melaporkan 376 kasus Covid-19 dan satu kematian. Jumlah itu 72 lebih banyak dari seminggu yang lalu, menurut surat kabar The Asahi Shimbun milik swasta.

Jajak pendapat di media lokal menunjukkan skeptisisme publik tentang penyelenggaraan Olimpiade tetap tinggi, di tengah peluncuran vaksin yang lambat.

Hanya sekitar 16 persen dari populasi Jepang yang telah menerima dosis Covid-19 sejauh ini, menurut kantor berita Reuters.

Pejabat dan sukarelawan yang bekerja di Olimpiade mulai menerima vaksinasi pada Jumat (18/6/2021).

Sementara itu di Uganda, Presiden Yoweri Museveni mengumumkan larangan perjalanan darat, kecuali kendaraan yang membawa turis, dan pekerja dalam keadaan darurat dan layanan penting lainnya.

Presiden Uganda itu juga menutup sekolah, universitas, dan tempat ibadah selama 42 hari.

Pembatasan itu diperlukan karena "pertumbuhan virus yang lebih agresif dan berkelanjutan", kata Museveni.

Menurutnya, selama beberapa minggu terakhir, jumlah harian orang yang dites positif telah meningkat dari kurang dari 100 menjadi lebih dari 1.700.

"Kami mengalami tingkat rawat inap dan kematian yang sangat tinggi untuk pasien Covid-19 di semua kategori umur," tambah presiden.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/21/100646270/ditemukan-kasus-covid-19-pertama-di-kalangan-atlet-olimpiade-tokyo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke