Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Portugal Dinyatakan Positif Covid-19

LISBON, KOMPAS.com - Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa, dinyatakan positif Covid-19 di saat negaranya tengah mengalami lonjakan kasus pada minggu lalu.

Sejauh ini, Pria berusia 72 tahun itu tidak menunjukkan gejala, menurut keterangan resmi pemerintah pada Senin (11/1/2021), melansir Reuters.

Namun sejumlah jadwal padat yang diagendakan terpaksa dibatalkan dalam kondisi ini. Diantaranya, satu debat presiden terakhir yang dijadwalkan pada Selasa (12/1/2021).

Pemilihan Presiden Portugal rencananya akan berlangsung pada 24 Januari 2021 mendatang. Marcelo berupaya mendapatkan masa jabatan kedua dalam perhelatan demokrasi tersebut.

Selain itu, ada juga pertemuan dengan para ahli kesehatan untuk membahas rincian penguncian yang direncanakan akan diumumkan pada Rabu (13/1/2021).

Tetapi kantor kepresidenan menyatakan dia telah membatalkan semua penampilan publiknya.

Dalam pernyataan yang dibagikan di situs resminya, Rebelo de Sousa mengatakan presiden telah memberitahu Perdana Menteri Portugal Antonio Costa dan Menteri Kesehatan Marta Temido tentang situasi tersebut.

Pernyataan tersebut menyebutkan Rebelo de Sousa akan mengisolasi diri di kediaman resminya di Lisbon.

Hasil tes positif datang setelah dia dites negatif pada 6 Januari, setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi dan melanjutkan jadwal kerjanya.

Portugal mencatat rekor tertinggi jumlah kasus Covid-19 harian pada Rabu (6/1/2021) dengan temuan 10.027 kasus.

Negara berpenduduk lebih dari 10 juta orang itu, bersiap untuk menyetujui perpanjangan “keadaan darurat” untuk melawan peningkatan infeksi yang mengkhawatirkan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/12/131052770/presiden-portugal-dinyatakan-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke