Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilpres AS: Gedung Putih Sudah Bersiap kalau Trump Lanjut 2 Periode

Hal tersebut disampaikan seorang pejabat tinggi Gedung Putih pada Jumat (13/11/2020) sebagaimana diwartakan kantor berita AFP.

"Kami melihat ke depan di sini di Gedung Putih dengan asumsi bahwa akan ada masa jabatan Trump kedua," kata penasihat perdagangan presiden Peter Navarro di Fox Business Network.

Selama seminggu ini Trump belum mengakui kekalahannya, walau media-media "Negeri Paman Sam" telah mengumumkan bahwa Joe Biden menang pemilu AS.

Sejak pengumuman itu presiden tidak banyak tampil di muka publik, dan meluncurkan gugatan hukum di beberapa negara bagian, dengan menuduh adanya kecurangan di pilpres Amerika Serikat tapi tidak memberi bukti apa pun.

"Apa yang kami cari di sini adalah surat suara yang dapat diverifikasi, surat suara yang dapat disertifikasi, dan penyelidikan atas dugaan penipuan yang jumlahnya terus meningkat di bawah pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh para saksi," kata Navarro mengulang klaim yang tak berdasar.

Navarro lebih lanjut mengatakan, spekulasi tentang apa yang mungkin dilakukan Biden terhadap kebijakan perdagangan atau yang berkaitan dengan China belum bisa dipastikan sampai sekarang.

Pejabat federal senior dan petugas pemilu Amerika Serikat mengatakan, tidak ada bukti bahwa peretas dapat mengubah hasil, dan sebagian besar pemimpin dunia telah memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/14/152309170/pilpres-as-gedung-putih-sudah-bersiap-kalau-trump-lanjut-2-periode

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke