Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UU Sanksi China Sedang Digodok AS, Beijing Sudah Ancang-ancang Membalas

Hal tersebut dinyatakan oleh juru bicara parlemen China pada Kamis (21/5/2020), sebagaimana dilansirAFP.

Ketegangan antara kedua negara adikuasa ini telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, dengan berperang kata-kata bertema pandemi Covid-19.

Washington mengkritik Beijing dalam penanganan awal wabah, yang muncul di Wuhan pada akhir tahun lalu sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Presiden Donald Trump pada Rabu (20/5/2020) kembali memanaskan tensi dengan menulis di Twitter bahwa China harus bertanggung jawab atas "pembunuhan massal di seluruh dunia".

Para senator dari Partai Republik lalu mengusulkan undang-undang pekan lalu, yang akan memfasilitasi Trump untuk menjatuhkan sanksi terhadap China.

Sanksi dijatuhkan apabila Beijing tidak bertanggung jawab secara penuh terhadap wabah virus corona.


"Kami dengan tegas menentang RUU ini, dan akan membuat tanggapan tegas serta melakukan pembalasan berdasarkan pertimbangan RUU ini," kata juru bicara Zhang Yesui pada konferensi pers seusai Kongres Rakyat Nasional.

"Itu sama-sama tidak bertanggung jawab atau bermoral untuk menutupi masalah sendiri dengan menyalahkan orang lain."

"Kami tidak akan pernah menerima tuntutan hukum dan tuntutan kompensasi yang tidak beralasan," kata Zhang dikutip dari AFP.

Negara bagian Missouri telah meminta pertanggungjawaban China atas Covid-19.

Mereka memintanya untuk dampak kerusakan atas apa yang digambarkannya sebagai penipuan yang disengaja dan tindakan yang tidak cukup untuk menghentikan pandemi.

https://www.kompas.com/global/read/2020/05/22/091659570/uu-sanksi-china-sedang-digodok-as-beijing-sudah-ancang-ancang-membalas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke