Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seafood Jadi Hidangan Utama Tamu KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo 

Kompas.com - 10/05/2023, 19:57 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Aneka boga bahari (seafood) menjadi suguhan para delegasi selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, yang digelar pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Noviyanti mengatakan, seafood mendominasi sajian makanan bagi para delegasi karena merepresentasikan Labuan Bajo sebagai destinasi yang terkenal dengan keunikan sumber daya maritim.

“Hidangan laut akan diolah oleh Chef Arnold Purnomo bersama timnya. Kalau untuk hiburan pertunjukan bagi para delegasi, masih kami rahasiakan karena akan menjadi surprise factor,” ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Kesiapan KTT ke- 42 ASEAN 2023 Labuan Bajo” di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Baca juga:

Panitia nasional dikatakannya juga akan menggelar program khusus, yakni SME's Hub dengan dukungan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta pemerintah daerah, yang melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjajakan produknya.

Tersedia 50 stan pameran di berbagai titik kegiatan rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023. 

Rinciannya 10 stan menjajakan makanan, dan sisanya menawarkan aneka produk kerajinan tangan khas daerah.

“Kalau cendera mata khusus untuk delegasi, isinya ada syal tenun dan batik. Pokoknya yang menggambarkan Indonesia secara keseluruhan. Kami berharap semua elemen bisa menyukseskan kegiatan ini,” tambah Noviyanti.

Labuan Bajo terkenal akan berbagai makanan khas di antaranya, jagung titi, jagung bose, kolo, roti kompyang, rebok, jagung catemak, dan olahan daun kelor. 

Tidak ketinggalan kopi khas NTT yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com