Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Makan Pasta ala Orang Italia, Tiap Daerah Punya Ciri Khas

KOMPAS.com - Pasta identik dengan Italia. Makanan ini merupakan sajian pokok, terutama bagi para penggiat diet di sana. Jadi, tidak mengherankan bila Italia dikenal sebagai produsen pasta nomor satu di dunia.

Popularitas pasta tidak hanya tinggi di Italia saja, melainkan banyak negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia.

Menurut executive chef Park Hyatt Jakarta, Claudio Rossi, aneka pasta kering dan hidangan pasta siap santap, saat ini sudah tersedia di banyak kafe hingga restoran di Jakarta.

"Ada banyak supermarket yang menjual pasta siap masak di Jakarta. Selain itu, restoran Italia juga tersebar di sini dan menyajikan hidangan pasta otentik," ujar Claudio saat ditemui Kompas.com usai acara cooking class with Luca, Kamis (24/2/2023).

Keberadaan koki asli Italia di sebagian restoran dan pemilihan bahan yang tepat, menurut dia, membuat cita rasa pasta di Jakarta tidak jauh berbeda dengan pasta otentik Italia.

Cara makannya pun sama. Tidak berbeda dengan kebiasaan orang Italia saat menyantap comfort food ini.

Claudio menuturkan, cara makan pasta bergantung pada jenisnya. Ada yang cukup memakai garpu, sementara lainnya membutuhkan sendok.

"Orang Italia umumnya makan pasta menggunakan garpu saja sudah cukup, tetapi bila sajiannya dilengkapi dengan banyak saus, bisa dibantu memakai sendok juga," kata Claudio.

Layaknya makan mi, kamu bisa mengambil sebagian pasta menggunakan garpu, lalu menggulungnya dengan bantuan sendok. Pasta siap dimakan.

Cara makan pasta itu biasanya dilakukan saat menyantap jenis pasta berbentuk panjang, seperti spageti, fetucini, pappardelle, dan tagliolini.

Sementara bila ingin menikmati pasta berbentuk pendek, seperti makaroni, campanelle, dan penne rigate, kamu cukup menggunakan sendok saat menyantapnya.

"Orang Italia tidak memotong pasta saat dimakan. Kalau untuk pasta berukuran kecil, biasanya dijadikan sup dan dimakan menggunakan sendok saja agar lebih praktis," jelas Claudio.

Beda resep pasta

Claudio mengatakan, penyajian pasta di tiap kawasan Italia tidak sama. Terdapat ciri khas di daerahnya masing-masing.

Sebagian daerah di Italia sengaja membuat pasta menggunakan telur, sebagian lainnya membuat adonan makanan ini tanpa telur sama sekali.

"Di Italia Utara, pasta biasanya dicampur dengan mentega dan keju. Kalau di pusat kota, di mana pasta berasal, biasanya dicampur dengan saus," ujar Claudio.

Sementara itu, bagian selatan biasanya menyajikan pasta dengan lamb sauce alias saus domba yang dikombinasikan dengan sayuran segar seperti tomat, sukini, dan terong.

"Apa pun itu, daging domba maupun seafood, biasanya pasta juga dimasak dengan sedikit mentega atau keju, serta direbus dengan sedikit extra virgin oil," tutur Claudio.

  • Resep Pasta Kari Merah Khas Thailand, Bikin untuk Stok
  • 3 Cara Membuat Pasta ala Koki, Bisa Manual atau Pakai Mesin
  • Resep Ayam Panggang Kecap Inggris dengan Pasta Tomat


https://www.kompas.com/food/read/2023/02/28/100600375/cara-makan-pasta-ala-orang-italia-tiap-daerah-punya-ciri-khas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke