Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencicipi 6 Makanan Andalan di Enatura, Restoran Bertema Sayur di PIM 2

KOMPAS.com - Usaha makanan sehat semakin mudah ditemui di Jakarta saat pandemi. 

Ada sebuah restoran yang baru buka di Jakarta Selatan, mengusung konsep makanan sehat dengan tema sayur. Namanya Enatura (Enak dan Natural), lokasinya ada di Pondok Indah Mall 2 lantai 3.

Kompas.com berkesempatan untuk berkunjung dan mencicipi beberapa menu andalan yang disajikan di sana.

Menaiki eskalator menuju lantai tiga Pondok Indah Mall 2, restoran Enatura tampak unik karena penuh dengan dedaunan hijau bak kebun nan memanjakan mata.

Hampir di setiap sudut ruangan terdapat hiasan berupa tanaman dan lukisan bertema daun dan bunga.

Tak lupa di sebelah kiri menghadap dapur, terdapat spot santai lengkap dengan beberapa buku bacaan yang disediakan.

Kesan nyaman dan tenang akan terasa saat pengunjung mulai memasuki area restoran. Ditambah sapaan ramah para pramusaji dengan seragam bertema kebun yang cerah.

Desain interior berkonsep homey ini nampak cocok dengan tujuan restoran yang ingin menggaet pasar dari kalangan keluarga dan anak-anak.

Makanan pembuka pertama yang disediakan di hadapan saya yakni Cauliflower Soup dengan potongan dumpling goreng. 

Sajian ini merupakan sup yang dibuat dari campuran bunga kol, susu segar, dan kaldu ayam. Pada bagian atas terdapat tambahan kuning telur dan daun parsley.

Cauliflower Soup disantap bersama dumpling goreng berisi sayuran dengan cara dicocol. 

Sup ini memiliki tekstur halus dan sedikit encer, perpaduan susu dan kaldu ayam membuatnya terasa manis-gurih.

Dumpling goreng yang disajikan pun terasa renyah dan enak saat dicocol pada sup.

Dumpling dibuat menjadi bentuk segitiga dengan isian yang cenderung tipis, sehingga terasa ringan dan cocok jadi makanan pembuka.

Hidangan pembuka selanjutnya yang saya coba yaitu Sweet Potato Fries, ini merupakan sajian ubi goreng tepung dengan saus mustard.

Ada dua jenis ubi yang digunakan, yaitu ubi ungu dan ubi cilembu. Kedua ubi ini memiliki rasa yang berbeda.

Ubi ungu terasa lembut dan cenderung manis, sedangkan ubi cilembu lebih dominasi dengan cita rasa gurih. Keduanya nikmat disantap dengan saus mustard asam gurih.

Sesuai dengan konsep sehat yang diusung, ubi goreng di Enatura tidak digoreng menggunakan minyak goreng biasa, melainkan menggunakan minyak kelapa. 

Salad di Enatura variatif dengan sayuran warna warni dan sepotong daging salmon panggang.

Beberapa isian salad yang disajikan yakni ada letuce, kale alpukat, bawang merah besar, halapenjo, dan taco. Tidak lupa dressing salad yang dibuat dari campuran yoghurt dan sour cream.

Jika biasanya salad disajikan dengan dressing mayones atau minyak zaitun, maka Enatura memilih dressing yoghurt supaya rasa yang dihasilkan lebih segar. 

Sayuran yang disajikan terasa renyah dengan cita rasa asam yoghurt yang meresap ke setiap helai letuce dan kale. 

Rasa asam dari dressing pun menurut saya tidak terlalu kuat, sehingga untuk orang yang baru pertama kali mencoba salad tidak akan kaget dengan rasanya.

Konsep makanan sehat yang diusung di Enatura bukan menghindari protein hewani, melainkan menyajikan setiap makanan dengan porsi sayur yang lebih banyak.

Jangan heran bila kamu nantinya akan menemui hidangan yang menggunakan protein hewani seperti daging ayam, ikan, dan sapi.

Satu porsi sandwich berukuran cukup besar di Enatura ini menurut saya mengenyangkan dan cocok jadi menu utama.

Sandwich ini berisi sayuran berupa selada ungu, tomat, dan irisan daging tenderloin yang terasa lembut saat digigit bersama roti.

Roti yang digunakan untuk sandwich pun menggunakan sourdough dengan bantuan cuka apel sebagai ragi, sehingga terasa lebih lembut dan manis.

Sandwich di Enatura juga dibuat dengan tambahan tiga jenis saus khas Enatura, yakni tzatziki sauce (saus berbahan dasar yoghurt), barbeque sauce, dan cranberry sauce. 


5. Mexican Rice with Mexican Chicken Sambal Roja

Sesuai dengan namanya, hidangan ini menggunakan bumbu ala Meksiko, baik dari bumbu pada nasi, bumbu marinasi ayam, serta sambal pedas pendamping nasi.

Mexican Rice di Enatura sekilas nampak seperti nasi goreng biasa, berwarna coklat kemerahan dengan tambahan isian berupa jagung, black bean, potongan ayam krispi, taco, dan salad sayur.

Bedanya, bumbu yang digunakan merupakan bumbu khas Meksiko, yang menggunakan tambahan salad oil, minyak zaitun, madu, cuka, dan aneka rempah.

Rasanya asam-gurih dan ada sedikit cita rasa pedas, karena menggunakan tambahan tomat, jintan, cabai merah besar, cabai hijau, dan black bean.

Sebagai orang Indonesia yang terbiasa dengan bumbu yang kuat, nasi khas Meksiko ini menurut saya rasanya cenderung kurang kuat dibanding nasi goreng di Indonesia karena tidak menggunakan tambahan MSG atau penyedap rasa.

6. Spring love dan Fruity Chia Pudding

Setelah kenyang menyantap aneka makanan utama, kegiatan mencicipi makanan ini ditutup sempurna dengan dessert Spring Love dan Fruity Chia Pudding.

Spring love merupakan jus segar yang dibuat dari campuran sayur dan buah. Beberapa bahan yang digunakan yaitu wortel, apel, lemon, madu, jahe, dan cabai merah.

Jangan khawatir dengan tambahan cabai pada minuman ini, karena rasa yang mendominasi bukanlah rasa pedasa dari cabai, melainkan rasa hangat jahe.

Aroma dan bentuk minuman ini pun nampak seperti jamu tradisional.

Sensasi segar dari sari wortel dan hangat dari jahe terasa menyegarkan di tenggorokan.

Selanjutnya saya mencoba Fruity Chia Pudding, dessert ini dibuat dari susu kedelai, madu, stroberi, cengkeh, apel, buah naga, dan biji selasih. 

Puding ini terasa manis dan creamy di lidah, tekstur puding dari biji selasi pun juga padat. Puding ini menurut saya cukup mengenyangkan bila dimakan sendiri bahkan tanpa makanan utama sekalipun.

https://www.kompas.com/food/read/2022/07/14/140800075/mencicipi-6-makanan-andalan-di-enatura-restoran-bertema-sayur-di-pim-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke