Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tempat Makan Dekat Keraton Solo, Harga Mulai Rp 10.000

KOMPAS.com - Keraton Solo baru saja menggelar Parade Kebaya Nusantara pada Sabtu (4/6/2022) untuk menarik wisatawan.

Selain mengunjungi berbagai destinasi wisata di Solo, kamu juga bisa mencicipi aneka sajian di tempat makan dekat Keraton Solo.

Tempat makan dekat Keraton Solo ini menyediakan beragam makanan khas Solo yang bisa kamu coba. Harga per sajiannya pun cukup terjangkau.

Selengkapnya, simak tujuh tempat makan dekat Keraton Solo berikut ini.

1. Warung Makan Masuk

Sembari menyantap makanan di Warung Makan Masuk, kamu bisa menikmati alunan musik keroncong.

Warung Makan Masuk atau Es Masuk menyediakan aneka pilihan sajian tradisional, seperti Nasi Timlo, Nasi Garang Asem, Nasi Rawon, Mie Thoprak, Lontong Opor, dan Nasi Gudeg.

Tempat makan dekat Keraton Solo ini juga menyediakan beragam minuman, seperti Es Gula Asem, Es Degan Gula Jawa, Es Tape Ketan, Es Kunir Asem, dan Es Buah.

Satu makanan atau minuman di Warung Makan Masuk dijual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000-an.

Warung Makan Masuk berlokasi di Jalan Reksoniten Nomor 43B, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih hanya satu kilometer dari Keraton Solo.

Kamu bisa datang ke Warung Makan Masuk setiap hari pukul 07.00–18.30 WIB.

2. Warung Selat Solo Mbak Lies

Selain sajian selat yang menjadi daya tarik Warung Selat Solo Mbak Lies, tempat makan ini juga terkenal dengan dekorasi tempat yang unik.

Berbagai warna-warni keramik memenuhi salah satu sudut Warung Selat Solo Mbak Lies, menjadikannya spot foto menarik bagi para pelanggan.

Makanan yang tersedia di Warung Selat Solo Mbak Lies pun beragam, ada Timlo, Selat Lidah, Selat Bestik, Selat Galantin Kuah Saos, Sup Manten, Gado-gado Lontong, Stup Makaroni, dan Sup Matahari.

Kisaran harga untuk satu sajian di Warung Selat Solo Mbak Lies mulai Rp 15.000 hingga Rp 20.000-an.

Warung Selat Solo Mbak Lies berlokasi di Jalan Yudhistira Nomor 9, Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Dapur Asli Solo

Tempat makan dekat Keraton Solo selanjutnya adalah Dapur Asli Solo. Restoran ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 172, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Ada Nasi Campur, Nasi Rawon, Lontoh Opor, Tahu Acar, Nasi Bistik, Gado-gado, Nasi Empal, dan Nasi Rendang yang bisa kamu pesan di Dapur Asli Solo.

Dapur Asli Solo juga menyediakan aneka camilan, seperti Arem-arem, Sosis Solo, Kroket, Lumpia, Semar Mendem, Puding Susu, Ketan Duren, dan Pisang Goreng.

Harga satu sajian di Dapur Asli Solo dibanderol mulai Rp 15.000 hingga Rp 30.000-an.

Dapur Asli Solo yang memiliki nuansa hijau ini buka setiap hari mulai pukul 09.30–22.30 WIB.

4. Kusuma Sari Restaurant & Ice Cream

Kusuma Sari Restaurant & Ice Cream, salah satu restoran legendaris di Solo ini menyediakan makanan khas Indonesia dan sajian khas Barat yang bisa kamu coba.

Beberapa hidangan yang tersedia di Kusuma Sari Restaurant & Ice Cream di antaranya adalah Nasi Goreng Ayam, Ca Brokoli Polos, Bakmi Goreng, Chicken Cordon Bleu, Sirloin Hotplate, dan Beef Barbeque.

Kusuma Sari Restaurant & Ice Cream juga menyediakan Ice Cream Soda, Hawaian Delica, Coffee Float, dan aneka es krim.

Hanya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000-an, kamu sudah bisa menyantap satu makanan atau minuman dari Kusuma Sari Restaurant & Ice Cream.

Kusuma Sari Restaurant & Ice Cream sendiri berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Nomor 111, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan buka setiap hari pukul
08.00–21.00 WIB.

5. Warung Srie Redjeki

Mencicipi aneka ronde bisa menjadi pilihan tepat saat datang ke Warung Srie Redjeki yang berlokasi di Jalan Reksoniten Nomor 22, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini.

Ada banyak pilihan ronde di Warung Srie Redjeki, seperti Ronde Asle, Ronde Kacang Hijau, Ronde Sekoteng, dan Ronde Kacang Putih.

Warung Srie Redjeki juga memiliki pilihan sajian lain, di antaranya adalah Siomay Komplit, Batagor, Nasi Goreng, Nasi Terik, Nasi Timlo, Nasi Gudeg, dan Nasi Sambal Udang.

Harga makanan di Warung Srie Redjeki berkisar Rp 14.000 hingga Rp 30.000-an per porsi.

Warung Srie Redjeki buka setiap hari pukul 12.00–22.00 WIB.

6. Tirai Bamboe Restaurant

Mampir ke Tirai Bamboe Restaurant tak ada salahnya bila sedang berada di dekat Keraton Solo.

Tirai Bamboe Restaurant memiliki aneka sajian yang bisa kamu coba, seperti Kangkung Ca Bawang Putih, Brokoli Ca Polos, Brokoli Mayonais, Nasi Goreng Ayam, Nasi Sapi Lada Hitam, Bihun Goreng Ayam, Kakap Filet, Dori Saus Barbeque, dan Capjay Kuah.

Satu porsi makanan di Tirai Bamboe Restaurant dijual dengan harga mulai Rp 20.000-an.

Kamu bisa datang langsung ke Tirai Bamboe Restaurant di Jalan Teuku Umar Nomor 6, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat makan tersebut buka setiap Senin-Kamis pukul 07.30–21.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 07.30–22.00 WIB.

7. RM Kusumasari Yos Sudarso

RM Kusumasari Yos Sudarso menawarkan banyak pilihan sajian enak yang bisa kamu coba, seperti Sup Galantin, Stuup Macaroni, Selat Segar, Chicken Teriyaki, Gado-gado, Ayam Goreng Kusumasari, dan Beef Teriyaki.

Ada juga Es Teler, Es Kopyor Durian, Es Beras Kencur, Es Kelapa, Es Rujak Degan, dan Es Lemon Tea yang bisa kamu nikmati di RM Kusumasari Yos Sudarso.

Makanan di RM Kusumasari Yos Sudarso dijual seharga Rp 20.000 hingga Rp 40.000-an per porsi.

RM Kusumasari Yos Sudarso berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 55 B, Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan buka setiap hari pukul 09.00-21.30 WIB.

https://www.kompas.com/food/read/2022/06/05/180600875/7-tempat-makan-dekat-keraton-solo-harga-mulai-rp-10.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke