Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari 3 Kesalahan Saat Bikin Pastel Tutup Panggang, Bikin Hasilnya Kering

KOMPAS.com - Pastel tutup merupakan isian pastel seperti bihun, telur, dan aneka sayuran yang dimasak tanpa menggunakan kulit renyah. Melainkan menggunakan kulit dari olahan kentang tumbuk.

Kamu bisa membuat pastel tutup panggang dengan mudah di rumah. Siapkan cup alumunium atau pinggang tahan panas sebagai wadah adonan pastel tutup.

Sebelum membuatnya, ketahui beberapa kesalahan membuat pastel tutup panggang yang bikin hasilnya lembek atau berair.

1. Terlalu banyak menggunakan bihun

Ester Megawati Setiawan selaku pemilik usaha Pastel tutup PREMIUM Esterculinary di Surabaya mengatakan kalau terlalu banyak menggunakan bihun atau soun sebagai isian pastel tutup bisa membuatnya kering.

“Itu kalau terlalu banyak pakai bihun atau soun bisa menyerap kuah. Nah, itu bikin pastel tutup jadi kering.” ujar Ester kepada Kompas.com pada Jumat (14/01/2022).

Menurutnya, pastikan soun yang dipakai secukupnya dan tidak terlalu banyak. Hal ini agar kepadatan dari pastel tutup yang dibuat sesuai dengan yang diinginkan.

2. Menumbuk kentang terlalu lama

Dalam penuturannya, Ester mengatakan pada saat menumbuk kentang, jangan terlalu halus.

“Kadang kita kan merasa, oh ini masih kurang halus. Trus kentang ditumbuk sampai benar-benar halus. Nah itu salah. Soalnya, kalau kentang ditumbuk sampai halus nanti hasilnya jadi molor.” jelas Ester.

Ester menyarankan untuk menumbuk kentang hanya sampai halusnya rata dan tidak terlalu halus.

3. Memilih kentang muda

Selain dalam hal menumbuk kentang, kamu juga perlu memperhatikan saat memilih kentang.

Kesalahan dalam membuat pastel tutup adalah memilih kentang muda. Hal ini karena kentang muda biasanya lebih banyak mengandung air dan kulitnya terkelupas tetapi masih menempel pada daging kentang.

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/18/110900075/hindari-3-kesalahan-saat-bikin-pastel-tutup-panggang-bikin-hasilnya-kering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke