Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Olah Katering MPASI, Apa Bedanya dengan Katering Biasa?

KOMPAS.com - Mengolah MPASI berbeda dengan makanan orang dewasa. Pasalnya, makanan ini dihidangkan untuk bayi. 

Prinsip dasar dalam mengolah MPASI yakni memastikan keamanan, kebersihan, serta kandungan nutrisinya tercukupi. Oleh karenanya, penting bagi layanan katering MPASI untuk memahami prinsip tersebut. 

Lantas, seperti apa cara mengolah MPASI yang dilakukan oleh layanan katering? Berikut penjelasannya dari Jessica Marthin selaku CEO dan Co-Founder dari Grouu.

Berbeda dengan katering rumahan pada umumnya, dapur di Grouu beroperasi layaknya restoran maupun hotel. Jadi, MPASI yang dibuat pun aman, bersih, dan higienis. 

"Kitchen kita beroperasional layaknya restoran ataupun hotel," tutur Jessica. 

  • Katering MPASI di Jakarta Ini Libatkan Ahli Gizi dalam Pembuatan Menunya
  • Cara Sajikan MPASi yang Benar, Tidak Melulu Panas

Natalia Imelda,CMO dan Co-Founderd dari Grouu menambahkan bahwa dapur Grouu menerapkan sistem separasi produk atau pemisahan barang mentah dan matang. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kontaminasi bahan. 

"Di dapur kita itu diterapkan sistem, misalnya kalau masuk barang, ada barang mentah dan matang itu kita selalu pisahkan, even dari packaging," ujar Natalia.

Menurut Natalia sebetulnya hal tersebut merupakan aturan dasar dari dapur, sehingga penerapannya pun tentu krusial.

Di samping itu, Grouu juga mengikutsertakan ahli gizi, pangan, dan koki khusus dalam pembuatan menunya. Bahkan untuk mengukur nutrisi pada sajiannya, para ahli berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang khusus mendalami nutrisi dan metabolisme. 

2. Bersertifikasi

Selain beroperasi dengan dapur yang mumpuni, Grouu juga telah mengantongi sertifikat layak sehat dari Dinas Kesehatan. Hal inilah yang membuat Grouu berbeda dengan katering rumahan kebanyakan.

"Jadi, kita punya sertifikat layak sehat dari Dinas Kesehatan, tapi untuk yang sampai level seperti itu dengan skala yang medium atau agak besar itu memang belum ada," ujar Jessica.

  • 4 Ciri MPASI yang Sudah Tidak Layak Dimakan Si Kecil
  • Resep Bubur Kentang Edamame, Menu MPASI Bayi 8 Bulan

Selain sertifikat layak sehat, Grouu juga tengah mengurus administrasi untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Kendati demikian, semua produk yang dibuat sebetulnya halal.

"Kita produknya halal, tapi untuk sertifikat halalnya memang lagi di tengah proses. Mudah-mudahan di tengah November ini kita bisa sharing hasilnya yang sudah diterbitkan, karena prosesnya cukup panjang. Tapi memang sejak awal kita memang bebas dari no park no lard," papar Jessica.

Dalam pembuatannya, Grouu pun cukup transparan kepada pelanggannya. Baik dari pemilihan bahan hingga proses memasaknya, semua bisa ditelusuri dengan baik.

"Kita juga cukup transparan dalam artinya proses pembuatannya seperti, pemilihan bahan baku itu semuanya bisa ditelusuri dengan baik," jelas Jessica.

  • Cara Membuat Minyak Kulit Ayam, Bisa untuk MPASI
  • Resep Bubur Ayam Sederhana Labu Siam untuk MPASI

Bahkan dalam beberapa kesempatan Jessica pun membagikan kepada pelanggan, seperti apa tampilan dapurnya serta alat yang digunakan.

"Kita memang suka sharing ke publik gitu, kitchen kita look-nya seperti apa sih, alat yang digunakan apa. Kemudian, kita sudah bersertifikat layak sehat tadi," tambahnya.

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/28/220300975/3-cara-olah-katering-mpasi-apa-bedanya-dengan-katering-biasa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke