Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Kupas Jagung dengan Cepat, Bisa Pakai Microwave

KOMPAS.com - Cara mengupas jagung tidak semudah sayuran atau buah lainnya. Di dalam jagung terdapat rambut-rambut yang menempel dan sulit dihilangkan.

Walau begitu kamu harus membersihkannya supaya tidak mengganggu saat dimakan.

Melansir dari laman The Spruce Eats, berikut cara mengupas dan membersihkan jagung dengan mudah.

Untuk mempermudah proses pengupas, pilihan jagung yang kulitnya keras dan menempel erat di bonggolnya.

Hindari memilih jagung yang kulitnya sudah layu karena sulit dibersihkan. Selanjutnya, siapkan tempat sampah lalu kupas kulitnya.

2. Tarik kulit jagungnya menggunakan tangan

Sebagian orang menguliti jagung dengan mencabut daunnya satu per satu. Cara ini memang berhasil, tapi akan lebih lama selesainya.

Baiknya bagi dulu ujung kulit jagung yang runcing menjadi dua bagian. Kemudian tarik satu bongkah kulit ke bawah sampi ke ujung bongkolnya. Lakukan pada satu bagian lainnya.

Jika ukuran jagung terlalu besar, kamu dapat membagi ujungnya menjadi tiga atau empat bagian. Setelah ditarik ke bawah, balik kulitnya lalu patahkan atau cabut dari bonggolnya.

Bersihkan rambut jagung dengan mencabutnya menggunakan tangan. Kamu juga dapat menggunakan penjepit seperti pingset untuk mencabut rambut jagung yang pendek. 


Jika ingin lebih cepat, jagung bisa dipanggang terlebih dulu menggunakan microwave. 

Seperti dilansir dari The Kitchn, rambut jagung yang susah diambil, bisa dihilangkan dengan mudah dengan menggunakan microwave.

Caranya, panggang jagung utuh bersama dengan kulitnya selama satu atau dua menit. Keluarkan dari microwave lalu potong ujung bonggolnya.

Pegang ujung jagung yang runcing menggunakan tangan kiri, kemudian tusuk biji jagung di arah lawannya menggunakan garpu.

Tarik perlahan-lahan supaya kulit dan rambut jagung tidak menempel. Jagung yang sudah dikupas bisa langsung dipipil atau disisir.

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/02/103400175/cara-kupas-jagung-dengan-cepat-bisa-pakai-microwave

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke