Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Sambal Khas Indonesia, Sambal Terasi sampai Embe

KOMPAS.com – Sambal hampir dapat dijumpai dari Sabang sampai Marauke. Beragam bahan makanan pun menjadi bahan sambal.

Bagi sebagian orang Indonesia, makan terasa lengkap apabila ada sambal di meja. Berikut ini Kompas.com rangkum aneka sambal yang bisa dijumpai di Indonesia.

Siapa yang tidak kenal dengan samba terasi. Sambal terasi ini sangat terkenal di Indonesia dengan cita rasa khas sambal pedas serta gurih dan beraroma terasi. Terasi adalah bumbu khas Indonesia yang berasal dari udang.

Racikan sambal terasi sebenarnya hanya berupa racikan sambal yang umum, yaitu cabai, bawang merah dan bawang putih.

Namun karena adanya tambahan terasi pada sambal konon yang menyebabkan sambal Indonesia satu ini sangat nikmat.

Sambal dabu-dabu sangat populer di daerah Indonesia Timur, karena asal sambal ini ada di sana yaitu Manado.

Dabu-dabu merupakan sambal yang umum disajikan dengan hidangan dari ikan atau seafood, seperti ikan bakar atau goreng.

Racikan sambal dabu-dabu terdiri dari cabai, bawang merah, tomat, daun kemangi, garam, gula dan perasan air jeruk nipis.

Rasa asam air jeruk nipis membuat sambal dabu-dabu terasa segar dan bisa menyamarkan bau amis pada masakan ikan atau seafood.

Sambal matah termasuk ke dalam sambal iris, untuk membuatnya semua bahan hanya perlu diiri-iris. Sambal matah ini khas dari Bali.

Rasa pedas dari sambal matah sangat terasa, sebab sambal ini tidak dimasak melainkan mentah atau matah dalam bahasa Bali.

Cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk limau, garam dan minyak dicampur menjadi satu untuk membuat sambal matah khas Bali ini.

Sambal pada umumnya memiliki warna merah yang mengunggah selera. Namun, sambal satu ini justru berbeda karena warnanya adalah hijau.

Sambal ini berasal dari Padang, kata ijo adalah bahasa lokal yang merujuk kepada warna sambal, yaitu hijau.

Bahan utama untuk membuat sambal ini adalah cabai hijau sehingga warna sambal pun sesuai dengan warna cabai yang dipakai.

Racikannya sendiri terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau. Rasa yang bisa kamu dapatkan dari sambal ijo adalah rasa gurih serta berminyak.

Jika masih asing dengan sambal satu ini, kamu bisa sering menemukannya di rumah makan padang.

5. Sambal bajak

Sambal bajak sekilas mirip dengan sambal terasi. Namun bahan baku yang dipakai ada yang berbeda dengan sambal terasi, sehingga rasanya pun akan berbeda.

Di dalam racikan sambal bajak juga ditambahkan daun salam, lengkuas, gula merah dan air asam.

Sambal bajak cocok untuk dijadikan cocolan ayam goreng atau ikan bakar. Lebih nikmat lagi ditambah nasi putih hangat.

Sambal ini berasal dari tanah Batak,Tapanuli, Sumatera Utara. Bahan utama dari sambal ini adalah andaliman. Andaliman adalah bumbu berbentuk buah-buah kecil mirip merica segar.

Jika dimakan, andaliman akan meninggalkan rasa getir pedas di lidah. Rasa ini yang menjadi ciri khas dan keunikan sambl andaliman.

7. Sambal mangga

Sambal ini unik dengan rasa yang segar. Pada racikan sambal ditambahkan buah mangga muda yang memberikan rasa sedikit kecut segar yang khas pada sambal.

Selain itu, mangga muda juga memberikan tekstur kedalam hidangan sambal yang pedas. Sambal ini paling nikmat disajikan bersama makanan berlemak karena menyegarkan. Saat musim mangga tiba, sambal satu ini cocok dibuat di rumah

Sambal tumpang berbahan dasar sambal yang ditambah dengan tempe bosok. Tempe bosok memiliki arti tempe yang hampir busuk.

Sambal tumpang terkenal di daerah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sambal tumpang bisa dibilang bahwa penampakannya tidak umum seperti sambal.

Sambal ini lebih terlihat seperti hidangan berkuah kental. Rasa dari sambal tumpang agak asam dan berbau semangit atau aroma asap khas tempe bosok.

9. Sambal pecak

Sambal pecak adalah jenis sambal ulek yang terkenal bagi orang Sunda dan Betawi. Bahan baku sambal pecak terdiri dari cabai,bawang putih, kemiri dan santan.

Sambal pecak sering disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng dan ikan goreng.

10. Sambal colo-colo

Sambal colo-colo juga berasal dari daerah timur Indonesia, yaitu Maluku. Sambal ini mirip dengan sambal dabu-dabu yang terdiri dari cabai, bawang merah, tomat, air jeruk nipis, garam, gula dan kecap.

Cara membuatnya praktis, semua bahan hanya diiris-iris tidak perlu diulek atau dihaluskan. Penyajiannya pun sama dengan dabu-dabu yang sering disajikan untuk hidangan seafood dan ikan.


11. Sambal plecing

Sambal ini adalah sambal khas dari Lombok.Sambal plecing bisa dibilang sama seperti sambal terasi karena menambahkan terasi ke dalam racikannya.

Namun, untuk rasanya ada rasa terasi khas tersendiri. Sambal ini paling sering disajikan ke dalam hidangan plecing kangkung.

Di dalam racikannya juga ditambahkan tomat dan air jeruk nipis sehingga sambal ini sedikit berair.

12. Sambal korek

Sambal korek merupakan sambal Indonesia yang terbuat dari cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, garam yang dihaluskan dan setelah halus sambal disiram dengan minyak panas.

Sambal ini paling sering disajikan untuk pelengkap hidangan ayam, bebek, tahu, tempe goreng. Rasa dari sambal korek sangat pedas yang mana sangat disukai oleh para pencinta makanan pedas.

13. Sambal rica-rica

Sambal rica-rica juga berasal dari Manado. Sambal ini adalah sambal yang bisa dicampurkan ke dalam aneka masakan.

Rasa sambal ini tergolong pedas sesuai dengan cita rasa khas masakan Manado yang dominan pedas.

Sambal rica-rica dikatakan juga sebagai sambal goreng karena proses memasak sambal ini menggunakan teknik menggoreng.

Tidak hanya bercita rasa pedas, sambal rica-rica juga punya harum yang menggugah selera karena pada campuran sambal cabai merah ditambahkan daun jeruk, air jeruk nipis, jahe dan serai.

Sambal satu ini dikenal sebagai sambal yang dicampur dengan bumbu petis. Apa itu petis? Petis merupakan bumbu masakan berbahan dasar udang yang difermentasi dengan hasil produk berupa pasta.

Sambal petis ini khas dari Jawa Timur karena memang di daerah ini petis menjadi bumbu khas aneka masakannya.

Racikan bahan utama untuk sambal petis adalah cabai rawit, bawang putih, dan petis. Rasa sambal petis pedas, gurih dan manis karena tambahan petisnya.

15. Sambal pecel

Kalau sambal satu ini bahan bakunya lebih dominan kacang dan gula aren dibandingkan dengan cabai.

Lengkapnya, bahan utama pembuatan sambal pecel terdiri dari kacang goreng halus, bawang putih, cabai rawit, garam, daun jeruk dan gula jawa.

Penyajiannya, sambal ini harus diberi air agar berubah menjadi saus yang dikenal dengan saus kacang.

Sambal pecel memang paling pas untuk dihidang pada hidangan pecel sayuran. Rasanya tidak terlalu pedas melainkan manis dan gurih

Sambal roa khas Manado merupakan sambal yang bahan utamanya berupa ikan roa asap yang dihaluskan. Sambal ini sering ditemukan pada sajian pisang goreng khas Manado.

Racikan bahan-bahannya terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, gula, daun jeruk, serai, dan tentunya ikan roa asap. Semua bahan dihaluskan jadi satu.

Sambal kecap hampir sering menjadi sambal andalan rumahan karena cara membuat yang mudah serta bahan-bahannya sederhana yang paling banyak ada tersedia di dapur.

Bahan baku dari sambal kecap terdiri dari kecap manis, irisan cabai rawit,irisan bawang merah dan air jeruk nipis.

Sambal kecap biasa disantap untuk pelengkap hidangan sate, ikan bakar hingga aneka gorengan seperti tempe mendoan dan cireng.

Rasa sambal ini tidak pedas, hanya saja jika tergigit cabai rawitnya rasa pedas memang akan sedikit lebih tajam terasa.

18. Sambal tauco

Sambal tauco terbuat dari perpaduan bahan-bahan sambal dengan tambahan bumbutauco. Bumbu tauco terbuat merupakan produk hasil fermentasi darikacang kedelai rebus.

Rasa tauco sangat asam tetapi cocok dan nikmat dicampurkan dengan sambal yang pedas. Rasa sambal tauco sangat unik yaitu pedas, asam serta beraroma khas tauco.

Sambal embe juga merupakan sambal yang berasal dari Bali. Sambal embe atau mbe terbuat dari bahan baku utamanya berupa cabai, bawang merah dan terasi. Semua bahan sambal embe diolah hanya dengan diiris-iris dan ditumis hingga matang.

20. Sambal bawang

Sambal bawang juga dikenal luas di Indonesia. Sambal ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit merah.

Rasa dari sambal bawang sangat pedas dari cabai rawit merah yang memang terkenal punya rasa pedas yang tajam.

https://www.kompas.com/food/read/2020/11/18/113833575/20-sambal-khas-indonesia-sambal-terasi-sampai-embe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke