Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencicipi Sambal Frozen Anak Teri Terdampar dan 2 Rasa Unik Lain

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis sambal. Ada sambal mentah yang segar, atau sambal goreng yang berminyak dan gurih.

Walaupun bisa dibuat dengan sederhana, tak jarang juga orang merasa malas untuk sekadar membuat sambal dadakan sebelum makan.

Maka dari itu munculnya bisnis sambal kemasan yang dijual secara online bisa jadi jawaban untuk kamu yang ingin menikmati aneka sambal dengan cara yang praktis.

Salah satu bisnis online yang menawarkan aneka jenis sambal kemasan adalah Santapdirumah.

Bisnis yang berbasis di Bogor ini didirikan oleh pasangan Jesisca Hartono dan Rio Michael sejak April 2020.

Ada tiga jenis sambal yang ditawarkan Santapdirumah, yakni varian Sambal Original Khas Bogor, Sambal Anak Teri Terdampar, dan Sambal Cumi Terhanyut.

Kompas.com berkesempatan mencicipi ketiga jenis sambal tersebut. Pertama, untuk Sambal Original Khas Bogor yang dijual seharga Rp 30.000 per kemasan 200 gram.

Sambal Original ini seperti punya rasa pedas yang cukup kuat. Ada sedikit rasa gurih dan manis, serta sedikit jejak rasa segar dari irisan tipis daun jeruk.

Lalu untuk Sambal Anak Teri Terdampar seperti namanya, punya potongan kecil ikan teri yang renyah di dalam sambal.

Selain adanya ikan teri, sambalnya sendiri bisa dibilang serupa dengan komposisi Sambal Original. Untuk kemasan 200 gram, sambal varian ini dijual dengan harga Rp 35.000.

Terakhir adalah Sambal Cumi Terhanyut. Sama seperti sambal teri, untuk kemasan 200 gram dijual dengan harga Rp 35.000.

Sedikit berbeda dengan kedua jenis sambal tadi, sambal ini didominasi dengan potongan cumi asin yang cukup besar ukurannya.

Sambalnya juga cenderung lebih ringan dan berminyak daripada yang lain. Warnanya lebih cerah dari dua varian lain. Cenderung oranye daripada merah.

Rasa ketiga sambal

Jika diulik dari segi rasa, saya merasa varian Sambal Anak Teri Terdampar paling pas jadi favorit.

Pasalnya potongan ikan teri kecil yang renyah benar-benar memberikan tekstur dan sensasi rasa yang berbeda pada sambal.

Sambalnya sendiri sudah punya sedikit rasa gurih yang didominasi rasa manis dan pedas.

Dengan adanya ikan teri renyah memberikan tambahan rasa gurih sehingga perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas jadi seimbang.

Jika hanya dinikmati dengan nasi hangat saja, sambal ini juga terasa cukup enak karena ikan terinya bisa berperan seakan jadi lauk makan.

Sambal ini nikmat jika dipadukan dengan perkedel kentang, lalap, ayam goreng, atau ikan goreng.

Di peringkat kedua, adalah Sambal Original Khas Bogor. Walaupun tak ada tambahan ikan teri atau cumi bisa dibilang cukup nikmat.

Sambalnya polos saja, tapi berbeda dari sambal biasa. Sambalnya tidak terlalu berminyak, aromanya juga cukup harum dan segar dari campuran irisan daun jeruk.

Rasa pedasnya cukup menusuk, dengan rasa gurih yang kuat. Sambal ini bisa dibilang punya rasa yang sangat mirip dengan Sambal Anak Teri Terdampar, tanpa potongan ikan teri.

Terakhir adalah Sambal Cumi Terhanyut. Tambahan cumi asin berukuran sedang dalam sambal ini bisa dibilang cukup unik.

Namun bagi saya, campuran cuminya terlalu banyak dan rasanya terlalu kuat sehingga mendominasi rasa sambal itu sendiri.

Cuminya punya rasa asin yang sangat kuat, sehingga menutupi rasa pedas dan manis dari sambal.

Irisan daun jeruknya juga tidak terlalu terasa seperti kedua sambal sebelumnya. Namun jika dinikmati dengan lauk lainnya, rasanya jadi pas. 

Sambal kemasan dari Santapdirumah ini bisa jadi solusi praktis untuk kamu penyuka sambal yang ingin menikmati sambal tanpa harus membuatnya sendiri.

Kemasannya praktis, dan tidak perlu dihangatkan terlebih dahulu sebelum dimakan.

Secara garis besar, ketiga sambal tadi punya rasa unik masing-masing. Mau pilih yang mana, tergantung dengan selera masing-masing.

Tertarik ingin mencoba sambal ala Santapdirumah ini? Kamu bisa memesannya lewat WhatsApp, DM Instagram @santapdirumah, serta marketplace online. Santapdirumah bisa mengirim produk ke sekitar Jabodetabek, Bandung, hingga Bali.

Tak perlu kuatir, sambal ini aman dari bahan pengawet dan bisa tahan selama satu bulan di dalam lemari es, dan tiga hari di luar lemari es.

Pengemasannya juga baik. Sambal yang ditutup sangat rapat dan higienis kemudian dilapisi dengan bubble wrap di masing-masing botolnya.

Kemudian diletakkan dalam kardus, diberi dry ice agar senantiasa dingin untuk pengiriman dari Jakarta ke Bandung. Kardusnya juga dilapisi lagi dengan bubble wrap.

Selain sambal, Santapdirumah juga menyediakan aneka produk frozen food seperti bakso lobster yang sedang viral, kepiting buncit, beef teriyaki, chicken cordon bleu, dan aneka camilan dengan harga berkisar Rp 20.000 – Rp 150.000.

https://www.kompas.com/food/read/2020/09/03/091100675/mencicipi-sambal-frozen-anak-teri-terdampar-dan-2-rasa-unik-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke