Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unnes Buka Kuota 3.522 Mahasiswa Baru pada SNBT 2024

Kompas.com - 22/03/2024, 13:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menawarkan kuota sebanyak 3.522 mahasiswa baru pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

Kuota itu tersebar di 74 program studi D3/S1 di 9 fakultas.

Baca juga: 6 Prodi Pascarsarjana yang Banyak Diminati di Unnes

Berbeda dengan SNBP yang menggunakan nilai rapor, SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan tes berbasis komputer.

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa kelas 12 jenjang SMA/SMK/sederajat atau siswa yang telah lulus dua tahun sebelumnya, yaitu tahun 2022 dan 2023.

Kepala Humas Unnes, Rahmat Petuguran menyampaikan, bahwa hasil SNBP memang baru akan diumumkan pada 26 Maret 2024.

Namun pendaftaran SNBT telah dibuka untuk memfasilitasi calon mahasiswa yang tidak eligible masuk SNBP dan calon mahasiswa gap year.

"Sebagaimana disampaikan Sekretaris SNPMB, Prof. Rina Indiastuti, siswa yang sedang menunggu hasil SNBP bisa mendaftar setelah tanggal 26 jika memang tidak diterima SNBP," ungkap dia dikutip dari laman Unnes, Jumat (22/3/2024).

Pada tahun 2024, Unnes akan menerima 11.300 mahasiswa baru. Sebanyak 2.390 atau 21 persen dari total kuota telah diambil pada jalur SNBP.

"Kuota SNBT jauh lebih besar dari SNBP sehingga peluang diterima bagi calon mahasiswa baru akan lebih besar," jelas dia.

Selain itu, ada peraturan baru pada tahun 2024 yang melarang calon mahasiswa yang telah diterima SNBP untuk mengikuti SNBT.

Baca juga: Berapa Minimal Nilai UTBK SNBT agar Bisa Masuk PKN STAN?

Calon mahasiswa baru dapat mendaftar SNBT secara online melalui portal resmi SNBT di pendaftaran-utbksnbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes, Prof. Zaenuri menjelaskan, Unnes mengundang talenta unggul dari seluruh penjuru tanah air untuk mendaftar ke Unnes.

Sebagai salah satu perguruan tinggi unggul, Unnes menawarkan pendidikan berkualitas.

Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya akreditasi institusi unggul, mayoritas program studi telah terakreditasi unggul dan A, dan akreditasi internasional untuk sejumlah program studi.

Baca juga: Unnes Buka 9 Jalur Masuk Mahasiswa Baru pada 2024

"Kami mengimbau kepada adik-adik yang akan mendaftar ke Unnes untuk selalu mengikuti informasi resmi. Selain laman SNPMB, informasi penerimaan Unnes selalu disampaikan melalui website resmi dan media sosial resmi Unnes," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com