Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Beasiswa Kuliah Gratis Anak Transmigran 2024 dari Kemendes PDTT

Kompas.com - 19/03/2024, 15:58 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beasiswa bagi anak transmigran untuk kuliah di 10 kampus yang dibuka Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tahun 2024.

Beasiswa yang dibuka melalui Program Penjaringan Siswa Berprestasi di Kawasan Transmigrasi (PPSBKT) itu dibuka sampai 26 April 2024.

Dilansir dari surat pengumuman beasiswa oleh Kemendes PDTT, bagi putra dan putri transmigran atau mereka yang bertempat tinggal di kawasan transmigrasi, bisa berkesempatan kuliah gratis sampai semester delapan.

Selain itu, ada uang saku bulanan dan biaya Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Kemudian, ada 10 kampus yang bekerja sama dalam beasiswa ini.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa Unggulan 2024 pada April-Mei, Ini Syaratnya

Misalnya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Tak hanya calon mahasiswa, bagi mahasiswa on going juga bisa memdaftar beasiswa ini. Berikut rincian lengkapnya.

Cakupan beasiswa untuk Anak Transmigran 2024

Biaya Pendidikan

  • Merupakan bantuan pendidikan berupa pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) mahasiswa penerima beasiswa sejak ditetapkan sebagai penerima beasiswa PPSBKT hingga kelulusan atau maksimal semester 8 (delapan).

Biaya Hidup Bulanan

  • Merupakan bantuan berupa uang tunai yang dibayarkan ke rekening penerima beasiswa PPSBKT dengan besaran disesuaikan dengan kota/kabupaten tempat perguruan tinggi berada. Pemberian biaya hidup bulanan terhitung sejak bulan Januari tahun setelah penetapan mahasiswa penerima beasiswa PPSBKT hingga kelulusan atau maksimal semester 8 (delapan).

Biaya KKN

  • Merupakan bantuan uang tunai penunjang kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Batas maksimal pengajuan biaya KKN adalah pada semester 8. Besaran biaya KKN disesuaikan dengan masing-masing perguruan tinggi.

Persyaratan Beasiswa Anak Transmigran 2024

Beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) diberikan kepada putra-putri transmigran yang mendaftar di PTN mitra Direktorat Jenderal PPKTrans

Mereka yang mendaftar harus berprestasi di bidang akademik ataupun non-akademik, dan/atau berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang.

Putra-putri transmigran atau penduduk setempat yang memperoleh perlakuan sebagai transmigran itu harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Baca juga: Beasiswa buat Guru Mengajar Bahasa Indonesia di Amerika Serikat

Persyaratan umum

1. Berusia maksimal 25 tahun pada saat pendaftaran.

2. Melampirkan surat keterangan sebagai transmigran disertai tahun penempatan atau keterangan sebagai penduduk setempat yang memperoleh perlakuan sebagai transmigran dari kepala desa atau sebutan lain.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com