Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024, Siswa Segera Daftar

Kompas.com - 19/03/2024, 09:55 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) 2024 diperpanjang hingga 19 Maret 2024.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, mengatakan masa pendaftaran itu kini diperpanjang hingga 19 Maret 2024 hingga pukul 23.59 WIB.

Maka untuk memastikan kelancaran proses seleksi dan finalisasi data calon mahasiswa, kami telah memutuskan untuk memperpanjang periode SPAN PTKIN, kata Ahmad dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Sabtu (16/3/2024).

Baca juga: 7 Universitas Islam Negeri Terbaik Versi EduRank, UIN Jakarta Teratas

Ahmad mengatakan, perpanjangan masa ini hanya berlaku bagi siswa yang sudah didaftarkan oleh sekolahnya di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Menurut Ahmad, SPAN-PTKIN menjadi bagian dari langkah strategis meningkatkan kualitas pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Ia pun menegaskan, PTKIN siap menyambut calon mahasiswa untuk bergabung dalam komunitas akademik yang berprestasi dan berprestasi.

“Kami percaya bahwa setiap individu memiliki potensi yang luar biasa, dan kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan dan pencapaian setiap siswa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN (PMB PTKIN) 2024, Nyayu Khodijah mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran siswa SPAN-PTKIN dilakukan karena masih banyak siswa yang memenuhi syarat namun belum selesai melakukan finalisasi pendaftaran.

Baca juga: 9 Pilihan Kampus di Semarang, Ada Undip, UIN, sampai Akpol

Oleh karena itu, Nyayu berharap waktu yang tersisa dapat dimanfaatkan para siswa untuk menyelesaikan pendaftaran.

“Perpanjangan masa pendaftaran kami lakukan untuk memberikan peluang seluas mungkin kepada siswa-siswi yang berprestasi untuk melanjutkan studi ke PTKIN," kata Nyayu.

“Semoga perpanjangan waktu pendaftaran SPAN-PTKIN dapat membantu anak-anak bangsa untuk meraih cita-citanya,” tambah Nyanyu lagi.

Cara daftar SPAN-PTKIN 2024

Bagi calon siswa yang belum selesai melakukan pendaftaran bisa langsung mengikuti cara berikut:

Cara daftar buat siswa

  1. Registrasi menggunakan NISN, NPSN dan email aktif siswa
  2. Validasi akan dikirim ke email siswa
  3. Login pada siswa.ptkin.ac.id
  4. Cek data dan nilai rapor. Apabila ada kesalahan hubungi operator sekolah
  5. Upload rapor dan prestasi kelas 10 semester 1 dan semester 2, kelas 11 semester 1 dan semester 2, kelas 12 semester 1 dan prestasi tambahan
  6. Memilih program studi pada PTKIN 1 dan PTKIN 2
  7. Cetak bukti pendaftaran

Baca juga: Institut Teknologi PLN Buka Pendaftaran, Lulus Kuliah Bisa Kerja di PLN

Cara daftar buat sekolah

  1. Input NPSN Registrasi akun sekolah dengan menginput email sekolah, email kepala sekolah, nomor whatsapp kepala sekolah
  2. Validasi akun akan dikirim ke email sekolah dan kepala sekolah Login pada pdss.ptkin.ac.id
  3. Cek data siswa kelas 12 dan input nilai siswa dan KKM
  4. Tahapan berakhir
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com