Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Kuliah di Inggris Minim Biaya, Ini Pilihan Beasiswanya

Kompas.com - 13/03/2024, 17:26 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan tinggi ke United Kingdom (UK) atau Inggris mungkin adalah impian bagi sebagian orang di Indonesia.

Selain karena negaranya yang indah, Inggris juga memiliki kualitas pendidikan kelas dunia.

Country Director Indonesia and Southeast Asia Cluster Lead, British Council, Summer Xia, kuliah di Inggris memiliki banyak keuntungan salah satunya kualitas pendidikan yang baik.

"Secara kualitas, pendidikan di Inggris memang sudah dikenal dunia dengan kualitasnya," kata Xia di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Beasiswa S2 dan S3 ke Abu Dhabi 2024, Kuliah Gratis dan Gapai Uang Saku

Menurut Xia, kuliah di UK juga termasuk bagian dari melakukan effective cost atau biaya yang efektif untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri.

Hal itu terlihat dari masa tempuh studi untuk S1 dan S2 cenderung lebih cepat dari negara lain.

"Kuliah di sana sebenarnya secara biaya di UK (United Kingdom) lebih cost effective. karena dibutuhkan hanya tiga tahun untuk undergraduate, lalu satu tahun lagi untuk S2-nya. Jadi secara cost itu lebih efektif di UK," ujarnya.

Jika kamu ingin kuliah di Inggris, ada beberapa cara yang bisa dipilih atas rekomendasi dari Summer Xia:

1. Beasiswa LPDP

Menurut Xia cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan mendaftar beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Melalui beasiswa ini kamu bisa memilih ingin kuliah di negara mana termasuk kdi Inggris secara gratis dan mendapatkan bantuan biaya hidup.

Baca juga: LPDP-BRIN Buka Beasiswa S2-S3 Bidang Nuklir, Simak Cara Daftarnya

2. Jalur IISMA

Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) adalah program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang memberikan mahasiswa Indonesia kesempatan belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester atau selama 4-6 bulan.

Kamu bisa memilih untuk kuliah di Inggris, karena IISMA susah bekerja sama dengan banyak kampus top yang ada di Inggris.

3. Beasiswa pemerintah Inggris

Selain beasiswa dari dalam negeri, pemerintah Inggris dan British Council juga menyediakan beberapa program beasiswa dari pemerintah Inggris dan British Council antara lain Chevening, Women in Stem, beasiswa tidak penuh.

Baca juga: Beasiswa S1 Semesta 2024 bagi Lulusan SMA-SMK, Kuliah Gratis sampai Lulus

4. Program transnational education

Tak hanya datang ke Inggris, jika kamu ingin lebih hebat biaya, kamu tetap masih bisa mendapatkan pendidikan dari kampus-kampus di Inggris.

Melalui program transnational education mahasiswa kini bisa kuliah di kampus yang ada di Inggris namun penyelenggaraanya tetap di Indonesia.

Hal itu dilakukan dengan pengadaan kampus cadangan dan kerja sama pembukaan program kuliah dari universitas di UK dengan universitas yang ada di Indonesia.

"Batasan pendidikan melalui sudah tdk lagi harus dilakukan di UK, tapi dapat ditempuh di Indonesia dari university di UK. Itu menjadi opsi yang secara biaya lebih memungkinkan dan juga lebih bisa dicapai oleh banyak orang di Indonesia," tuturnya.

"Sebenarnya banyak sekali ragam cara untuk menempuh pendidikan di UK," pungkas Xia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com