Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Pendaftaran UTBK SNBT 2024?

Kompas.com - 07/01/2024, 10:28 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbeda dengan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang gratis, pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 mewajibkan siswa membayar biaya pendaftaran.

Siswa yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SNBT 2024 harus pendaftaran sebesar Rp 200.000 yang dilakukan melalui sejumlah bank mitra.

Namun, biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024 bisa gratis jika siswa memiliki atau lolos menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah 2024 dan masuk dalam kategori pemegang KIP Kuliah non-bayar biaya UTBK SNBT 2024.

Baca juga: Kisi-kisi Soal Ujian UTBK SNBT 2024: 2 Materi dan 7 Subtes

Sebagai informasi, KIP kuliah adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia yang menanggung biaya kuliah bagi siswa berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Meski begitu, tidak semua pemegang KIP Kuliah gratis biaya pendaftaran UTBK SNBT. Sebab, ada kategori penerima KIP Kuliah yang tetap membayar biaya pendaftaran.

Sehingga, pada saat pendaftaran UTBK SNBT 2024, siswa perlu melihat kategori yang didapat, apakah non-KIP Kuliah, status terdaftar gratis biaya UTBK, serta status terdaftar membayar biaya UTBK.

Cara dapatkan KIP Kuliah 2024

Selain bebas biaya pendaftaran, KIP Kuliah akan memberikan bantuan biaya kuliah sesuai akreditasi program studi dan biaya hidup sesuai klaster daerah tempat siswa kuliah.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar untuk SD-SMA

Dilansir dari laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), berikut cara mendapatkan KIP Kuliah 2024:

1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

2. Calon peserta yang mengajukan bantuan biaya pendidikan skema KIP Kuliah terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP Kuliah.

3. Pendaftaran KIP Kuliah di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) hanya berlaku untuk pilihan prodi di PTN Akademik dan PTN Vokasi saja.

4. Informasi detail KIP Kuliah di Kemendikbud Ristek dapat diakses melalui laman https://puslapdik.kemdikbud.go.id; sedangkan informasi detail KIP Kuliah di Kemenag dapat diakses melalui laman https://kip-kuliah.kemenag.go.id

Sementara syarat pendaftaran KIP Kuliah 2024, berdasarkan panduan teknis tahun lalu ialah seperti berikut ini:

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

Baca juga: Jadwal Lengkap SNPMB 2024: SNBP dan UTBK SNBT

3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Jadi itulah informasi mengenai cara siswa SMA, SMK, bisa gratis biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024 yang akan dibuka bulan Maret melalui KIP Kuliah. Jangan lupa, catat persyaratan dan cara daftar KIP Kuliah 2024.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com