Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2023, 19:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pada ajang Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, siswa lulusan SMA, SMK, dan MA bisa memilih empat program studi (prodi).

"Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal empat prodi dengan ketentuan tertentu," ujar Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof. Ganefri saat peluncuran SNPMB 2024 di Gedung Kemendikbud Ristek, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: Saat SNBT 2023, Peserta Akan Hadapi Tiga Soal

Dia mengatakan, terkait ketentuan memilih empat prodi, maka kamu bisa memilih dua program akademik dan dua program vokasi. Bisa juga minimal ada program D3 yang bisa dipilih.

"Contohnya, 2 dari program Sarjana, 1 D3, dan 1 D4/Sarjana Terapan. Bisa juga 2 program Sarjana dan 2 program D3," ungkap dia.

Bukan hanya memilih 4 prodi, peserta yang mengikuti SNBT 2024 juga bisa memilih 1 pilihan prodi, 2 pilihan prodi, dan 3 pilihan prodi.

Jika memilih 1 prodi, maka bisa memilih di program apapun.

"Misalnya, satu program D3, satu program D4 atau Sarjana Terapan, atau 1 Sarjana," jelas dia.

Sedangkan memilih 2 prodi, maka bisa bebas memilih di program mana saja.

"Contohnya itu, dua dari program D3 atau 2 program D4/Sarjana Terapan, atau 2 Sarjana, atau satu dari program D3 dan satu dari program Sarjana, atau satu program D4/Sarjana Terapan dan satu program sarjana," tutur dia.

Adapun memilih 3 prodi, maka bisa memilih 2 program akademik dan 1 program vokasi. Peserta juga bisa memilih 1 program dari vokasi dan 2 program dari akademik.

"Kita contohkan, dua program dari D3 dan satu program dari Sarjana, atau dua dari program D4/Sarjana Terapan dan satu program dari Sarjana, atau dua dari program Sarjana dan satu dari program D3, atau dua dari program Sarjana dan satu dari program D4/Sarjana Terapan," sebut Ganefri.

Baca juga: Siswa Lolos SNBP 2024 Tidak Boleh Ikut SNBT dan Jalur Mandiri 2024

Siswa lolos SNBT 2024 tidak bisa ikut jalur mandiri

Prof. Ganefri mengungkapkan, bagi siswa yang lulus SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang, maka tidak bisa lagir mendaftar di jalur mandiri yang dibuat perguruan tinggi negeri (PTN).

"Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi jalur mandiri 2024 di PTN manapun," ucap Prof. Ganefri.

Langkah ini dilakukan agar terjadi prinsip keadilan bagi peserta yang ingin masuk PTN, khususnya bagi mereka yang ikut di jalur mandiri.

Dengan begitu, tidak ada lagi siswa yang mengambil dua kuota dari masing-masing jalur di PTN.

Baca juga: Lulus SNBT 2024, Siswa Tak Bisa Lagi Ikut Jalur Mandiri

"Untuk itu, calon mahasiswa harus benar-benar pilih perguruan tinggi yang benar-benar diinginkan, dan program studi yang benar-benar diinginkan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com