Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat SNBT 2023, Peserta Akan Hadapi Tiga Soal

Kompas.com - 08/12/2023, 18:29 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pada pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, siswa lulusan SMA, SMK, dan MA akan dihadapkan pada tiga modal soal.

Di antaranya, soal pilihan ganda, soal pilihan majemuk kompleks, dan soal melengkapi soal isian (esai).

Ketua Pelaksana SNPMB, Tjitjik Srie Tjahjandarie menyatakan, dari tiga modal soal, ada banyak siswa yang masih bingung terkait soal isian SNBT 2024.

Baca juga: Lulus SNBT 2024, Siswa Tak Bisa Lagi Ikut Jalur Mandiri

Bahkan, sejumlah siswa mengiri soal isian layaknya mengerjakan esai.

"Adik-adik tidak perlu khawatir. Ini adalah soal-soal isian sederhana, bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang, harus kemudian membuat penulisan rumus, tidak seperti itu," kata Tjitjik saat peluncuran SNPMB 2024 di Gedung Kemendikbud Ristek, Jumat (8/12/2023).

Terkait soal isian, sebut dia, hanya berbentuk isian angka. Lalu, soal isian itu juga telah ada di laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Untuk mengerjakan soal isiannya, lanjut dia, sama dengan mengerjakan pilihan ganda. Jika pilihan ganda memilih satu jawaban yang tersedia, sedangkan soal isian harus langsung mengisi jawabannya.

"Kalau pilihan ganda kan klik a atau b atau c kan. Kalau ini (soal isian atau esai) isi jawbanya yang definitif, seperti setelah menghitung jawabannya 8, ya kamu tulis 8 begitu," ungkap dia.

Pengadaan soal isian ini dihadirkan untuk melihat penalaran peserta SNBT.

"Jadi sebenarnya untuk mengukur penalaran matematikanya seperti apa, kemampuan skolastiknya," jelas Tjitjiek.

Baca juga: SNPMB 2024: Siswa yang Lolos SNBP Tidak Boleh Daftar Jalur Mandiri PTN

Lulus SNBT 2024 tidak bisa ikut jalur mandiri

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof. Ganefri menegaskan, bagi siswa lulusan SMA, SMK, dan MA yang telah lulus seleksi jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar daftar ulang, maka tidak bisa lagi mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur mandiri.

"Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi jalur mandiri 2024 di PTN manapun," ucap Prof. Ganefri.

Langkah ini dilakukan agar terjadi prinsip keadilan bagi peserta yang ingin masuk PTN, khususnya bagi mereka yang ikut di jalur mandiri. Dengan begitu, tidak ada lagi siswa yang mengambil dua kuota dari masing-masing jalur di PTN.

Baca juga: Siswa Lolos SNBP 2024 Tidak Boleh Ikut SNBT dan Jalur Mandiri 2024

"Untuk itu, calon mahasiswa harus benar-benar pilih perguruan tinggi yang benar-benar diinginkan, dan program studi yang benar-benar diinginkan," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com