Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA/SMK

Kompas.com - 06/11/2023, 12:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak terasa sebentar lagi sudah berada di penghujung tahun. Tentunya, siswa kelas 12 sudah bersiap-siap mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Calon mahasiswa bisa melanjutkan pendidikan sesuai dengan program yang diinginkan, baik Diploma (D3) maupun Sarjana (S1).

Bagi siswa SMA/SMK yang tahun depan lulus, ada beberapa tips memilih kampus yang bisa kamu terapkan.

Dilansir dari laman Telkom University, Senin (6/11/2023) berikut tips yang bisa dicoba siswa SMA/SMK yang tahun depan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca juga: Ini Top 10 Negara Tujuan Beasiswa LPDP dan Uang Sakunya

Tips memilih kampus bagi lulusan SMA/SMK

Ada 9 tips bagi lulusan SMA/SMK dalam memilih kampus. Tips ini bisa menjadi jurus jitu dalam meraih kampus yang diinginkan.

1. Tentukan minat dan tujuan

Tips pertama memilih kampus yakni tentukan terlebih dahulu minat dan tujuan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Kamu juga perlu memikirkan program studi (prodi) yang sesuai dengan bakat dan minatmu. Dengan memilih prodi sesuai bakat dan minat, akan membuat perjalanan pendidikan menjadi lebih menyenangkan dan produktif.

2. Evaluasi program studi yang ditawarkan

Jika kamu sudah menentukan pilihan prodi, teliti program studi yang ditawarkan di kampus tersebut. Tinjau silabus, kurikulum, fokus penelitian, dan reputasi program akademik.

Ada baiknya kamu memilih prodi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja di masa mendatang. Sehingga setelah lulus kuliah, kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

3. Pilih beberapa universitas pilihan

Dengan adanya internet, kamu bisa dengan mudah mencari perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik di daerahmu atau di provinsi lain yang tidak terlalu jauh dengan domisilimu.

Pilihlah beberapa universitas pilihan sehingga kamu punya gambaran yang matang mengenai universitas mana yang menjadi prioritas dan alternatif.

4. Evaluasi reputasi dan akreditasi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com