Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram dan TikTok UGM Terpopuler dari 15 Kampus di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2023, 18:35 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengikuti perkembangan zaman, hampir semua perguruan tinggi kini memiliki akun media sosial (medsos).

Termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM). Bahkan akun Instagram dan TikTok UGM menjadi platform media sosial paling populer dari 15 kampus besar di tanah air.

Hal ini dibuktikan dari hasil survei RevoU pada periode Q3 tahun 2023.

RevoU memperoleh data tersebut dengan mengumpulkan dan membandingkan data pengikut di media sosial, jumlah konten di masing-masing platform media sosial kampus serta strategi konten.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Culinary Arts & Gastronomy, Tak Hanya Jadi Chef

Instagram dan TikTok UGM terpopuler

Data terakhir diambil pada 1 Agustus 2023 menggunakan QS World Ranking 2024 untuk menyaring 15 universitas terbaik di Indonesia.

Hasilnya UGM mempertahankan posisi nomor 1 dengan pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 1.074.900 pengikut. Selama 1 tahun belakang UGM juga mendapat lebih dari 180.000 pengikut baru dan satu-satunya kampus yang meraih 1 juta pengikut.

UGM juga menjadi kampus dengan pengikut terbanyak di TikTok sebanyak 202.700 pengikut. Di antara kampus lain UGM menjadi satu-satunya kampus yang meraih lebih dari 200 ribu pengikut di TikTok.

Untuk twitter (sekarang X) UGM masuk dua besar bersama UI dengan pengikut lebih dari 1 juta.

LinkedIn UGM juga bersaing ketat berada di posisi ke dua setelah UI dengan jumlah pengikut 214.000 orang.

Baca juga: Universitas Terbuka Ada di Mana Saja? Ini Lokasi 40 Kampusnya

Sementara untuk YouTube UGM memiliki 114.000 subscriber dan berada di posisi ke dua di bawah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sekretaris Universitas UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu menegaskan, UGM akan terus meningkatkan performa seluruh platform media sosial yang dimiliki agar lebih efektif digunakan sebagai sarana publikasi dan informasi.

"Kita dorong terus agar lebih strategis menjangkau audiens sehingga seluruh informasi maupun capaian UGM tersampaikan," kata Andi seperti dikutip dari laman UGM, Minggu (3/9/2023).

Andi bersyukur pengakuan terhadap platform media sosial UGM terus meningkat termasuk berbagai capaian prestasi dalam beberapa kompetisi kehumasan tingkat nasional.

Baca juga: Unika Soegijapranata Buka Pendaftaran 2024, Intip Biaya Kuliahnya

Informasi selengkapnya terhadap studi RevoU ini bisa dibaca di https://journal.revou.co/peta-digital-universitas-indonesia-2023/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com