Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPU UNJ Gelar Pengumuman Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023

Kompas.com - 25/07/2023, 18:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) dan PesonaEdukasi secara menutup kompetisi literasi dan numerasi nasional dalam seremoni "Awarding Day Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023".

Acara digelar pada Selasa 25 Juli 2023 secara hibrid di Gedung UTC UNJ dan melalui kanal YouTube Edura TV UNJ.

Rostakari, perwakilan Kepala Dinas DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas peran aktif dan komitmen UNJ dalam mengembangkan kompetensi dan kemampuan peserta didik dalam hal literasi dan numerasi.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, baik Puspresnas, MGMP DKI Jakarta, BUMN, BUMD, dan para sponsor kegiatan ini," ujar Rostakari.

"Semoga apa yang kita laksanakan dapat memberikan kontribusi dalam kompetensi global generasi muda Indonesia, perlu kita sadari bahwa tingkat literasi di Indonesia sangat rendah," lanjutnya.

Abdul Sukur, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ mengungkapkan keterkejutannya melihat jumlah peserta mencapai 60 ribu lebih selama dilaksanakan pada Januari hingga Juli 2023.

"Hal ini harusnya masuk rekor muri, karena baru kali ini pesertanya begitu banyak. Semangatnya kompetisi ini untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di kalangan generasi muda Indonesia," ujar Abdul Sukur.

"Kegiatan ini bukan hanya menjadi wadah untuk mengukur dan melihat potensi peserta tetapi juga menjadi ajang untuk para peserta untuk berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa," tambahnya.

Ia melanjutkan, dengan memahami makna penting makna literasi yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan serta numerasi yang mencakup angka, data dan statistik, kita akan mampu beradaptasi dalam era digital yang terus berkembang.

"Kompetisi ini merupakan refleksi dari komitmen kita bersama untuk sektor pendidikan di Tanah Air, pendidikan adalah sektor penting untuk membuka pintu keberhasilan. Oleh karena itu marilah kita bersama menciptakan ekosistem yang kondusif," ajak Abdul Sukur.

Baca juga: Data WVI Ungkap Literasi 30 Ribu Siswa di 5 Kabupaten Meningkat

Kenaikan jumlah peserta dan sekolah

Ketua BPU UNJ Prof. Sofia Hartati menyampaikan, UNJ memiliki komitmen besar untuk bisa memberikan kontribusi kepada pengembangan kompetensi dan juga kemampuan para peserta didik di seluruh Indonesia dalam hal literasi dan numerasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com