Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat Kuliah Gratis di UM Surabaya bagi Mahasiswa Difabel

Kompas.com - 15/07/2023, 08:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, menempuh pendidikan tinggi bisa digapai siapa saja. Tak terkecuali bagi para difabel juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Bahkan banyak pula beasiswa kuliah yang dibuka bagi difabel. Seperti halnya Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) membuka beasiswa khusus difabel.

Melansir laman UM Surabaya, Jumat (14/7/2023), jalur beasiswa ini masuk ke dalam 11 program unggulan UM Surabaya yang sudah ada sejak beberapa tahun terakhir.

Menurut Ma’ruf Sya’ban selaku Wakil Rektor III yang membidangi Sumber Daya Manusia dan Kemahasiswaan, beasiswa difabel UM Surabaya hanya diperuntukkan untuk tunadaksa.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Makan Daging Bangkai Berbahaya, Ini Alasannya

"Siswa difabel yang mendaftar harus melewati beberapa tahapan diantaranya mengisi formulir pendaftaran, melakukan tes tulis hingga proses wawancara," ujar Ma’ruf.

Dijelaskan, bagi pendaftar yang dinyatakan lolos bakal dibebaskan biaya uang gedung dan dana pendidikan kecuali formulir.

Tidak hanya itu saja, pendaftar yang lolos juga harus bersedia menandatangani kontrak dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI).

Selanjutnya, beasiswa ini bisa diakses untuk semua jurusan di UM Surabaya kecuali Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK).

Ia juga mengatakan, beasiswa ini sebagai bentuk komitmen UM Surabaya dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi seluruh komponen masyarakat tanpa membeda-bedakan kalangan.

Salah satunya dengan memberikan fasilitas kampus ramah difabel agar mahasiswa difabel dapat menjalankan perkuliahan dengan aman dan nyaman.

"Beberapa diantaranya telah lulus dan bekerja. Semoga beasiswa difabel ini bisa memberikan manfaat dan dampak yang signifikan bagi diri sendiri terlebih kepada masyarakat," harapnya.

Bagi para difabel yang tertarik kuliah di UM Surabaya, maka bisa segera mendaftar beasiswa ini.

Adapun pendaftaran beasiswa ini telah memasuki gelombang 3 yang telah dibuka sejak 1 Juli hingga 3 Agustus mendatang.

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Daging Kurban, Dosen UM Surabaya: Bisa Picu 9 Penyakit Ini

Untuk info selengkapnya bisa dilihat pada website resmi UM Surabaya di um-surabaya.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com