Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Aktivasi Rekening PIP 2023 Saldo Masih Rp 0, Ini Sebabnya

Kompas.com - 26/05/2023, 10:17 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sendiri sudah mengumumkan nama penerima PIP yang harus aktivasi hingga 30 Juni 2023.

Tetapi, jika sudah aktivasi PIP 2023, mengapa saldo masih belum ada atau saldo Rp 0?

Jangan panik, sebab Kemendikbud sudah membagikan alasan penyebab mengapa saldo masih Rp 0 meski telah aktivasi rekening PIP 2023.

Seperti diketahui, ada 325.230 penerima PIP Kemdikbud tahun 2023. Mereka yang masuk nominasi, terdaftar dalam Surat Keputusan (SK) Nominasi Calon Penerima PIP Kemdikbud.

Baca juga: Cara Aktivasi Dana PIP 2023 bagi 325.230 Siswa SD-SMA

Peserta didik yang ditetapkan itu adalah peserta didik yang berada di kelas akhir, yakni kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA/SMK, serta peserta didik yang ada di program kesetaraan, yakni Paket A, B, dan C. Selain itu, pada SK itu juga disebutkan peserta didik di kelas akhir pada sekolah luar biasa (SLB).

Aktivasi rekening PIP Kemdikbud 2023 dibuka hingga 30 Juni 2023.

Jika saldo 0 padahal sudah aktivasi rekening, berikut jawaban dari Kemendikbud Ristek, dilansir dari akun Instagram @Sobapip.

Penyebab Rekening PIP 2023 Saldo Masih 0

Aktivasi rekening merujuk pada SK Nominasi penerima PIP Kemdikbud 2023.

Baca juga: Siswa SD-SMA Belum Dapat Bantuan PIP Kemendikbud? Ketahui 3 Alasannya

Setelah terdaftar sebagai penerima PIP Kemendikbud Ristek lewat SK Nominasi Penerima PIP, peserta didik wajib melakukan aktivasi rekening di bank penyalur yaitu BRI (untuk jenjang SD dan SMP), BNI (jenjang SMA dan SMK), BSI (khusus Provinsi Aceh).

Setelah aktivasi, saldo yang tertera di rekening memang masih kosong atau Rp 0. Jadi, hal ini masih wajar dan bukanlah masalah.

Hal ini disebabkan penyaluran akan dilakukan setelah peserta didik ditetapkan sebagai penerima dalam SK Penerima PIP oleh Puslapdik.

"Penyaluran akan dilakukan setelah peserta didik ditetapkan dalam SK Penerima PIP oleh Puslapdik," tulis pengumuman dalam Instagram PIP Kemendikbud Ristek.

Cara Aktivasi Dana PIP 2023

Cara aktivasi dana PIP 2023 tidaklah sulit bagi siswa atau orangtua.

Aktivasi rekening SimPel dilakukan secara langsung oleh siswa atau orangtua/wali penerima PIP, atau dapat dilakukan secara kuasa oleh penerima kuasa, yaitu kepala sekolah.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Struktur dan Fungsi Sel Tumbuhan

Proses aktivasi dilakukan di bank penyalur. Jadi, siswa maupun orangtua wajib mendatangi bank tujuan sebagai berikut:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com