Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harkitnas di UNS: Sederet Artis Bakal Hadir, Ada Once hingga Alffy Rev

Kompas.com - 20/05/2023, 12:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sederet artis yang terdiri dari seniman, musisi, penyanyi hingga budayawan bakal hadir pada acara "Festival Kebangsaan" di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu (21/5/2023).

Adapun acara tersebut digelar untuk merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Pihak UNS bekerjasama dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI).

Menurut Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho, ada 3 kegiatan utama dalam event ini. Yang pertama Dialog Kebangsaan bertema "Musik Dalam Gerakan Kebangsaan".

Untuk narasumbernya ialah Sujiwo Tejo (seniman dan budayawan), Alffy Rev (musisi), Raissa (penyanyi), Once Mekel (penyanyi) dan Prof. Jamal Wiwoho (Rektor UNS).

Baca juga: Peserta UTBK 2023 di UNS Kecelakaan, Kerjakan Soal Sambil Berbaring

Dialog Kebangsaan ini dilaksanakan di Auditorium kampus UNS pada pukul 10.00 dan dipandu oleh Dr. Al Zastrouw (budayawan, akademisi dan Kepala Makara Art Center UI).

Sedangkan kegiatan kedua yakni Pop Art Market Actifity atau suatu kegiatan expo dan ekspresi kreativitas karya mahasiswa serta civitas akademika di bidang seni budaya yang terkait dengan upaya membangkitkan semangat kebangsaan.

Beberapa karya yang akan dipamerkan antara lain produk UKM, foto kegiatan dan sejenisnya. Kegiatan ini dilaksanakan di area sekitar Rektorat kampus UNS mulai pukul 09.00-19.00 WIB.

Untuk acara ketiga yaitu Konser Kebangsaan "Musik Menjangkau Jiwa" yaitu pentas musik yang diselingi dengan orasi kebangsaan.

Banyak artis yang akan hadir

Para artis yang akan tampil dalam konser ini adalah Alffy Rev, grup musik Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Gilang Ramadhan, Raissa Anggiani, Once Mekel dan Band serta Dewa Budjana.

Tak hanya itu saja, para artis dan musisi membawakan lagu dan komposisi musik yang bernuansa kebangsaan. Di sela-sela lagu akan diisi orasi kebangsaan oleh Dr. Al Zastrouw.

Kegiatan Konser Kebangsaan akan dilaksanakan di Lapangan Rektorat kampus UNS pada pukul 19.00 sampai sekitar 22.00 WIB.

Baca juga: Guru Besar UNS: Ini Cara Peregangan Otot Saat Bekerja di Era Digital

"Ini merupakan salah satu upaya menunaikan tugas kesejarahan kampus," ujar Prof. Jamal yang juga Dewan Pembina Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI) dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/5/2023).

Ia mengatakan, sejarah gerakan kebangsaan Indonesia dimotori oleh kalangan intelektual yang berbasis di kampus. Meski dimotori oleh kalangan kampus namun kesuksesan gerakan kebangsaan ini tidak lepas dari peran besar para musisi yang menciptakan lagu yang menggelorakan semangat kebangsaan.

Beberapa musisi tersebut diantaranya C. Simanjuntak, Amir Pasaribu, L. Manik, Binsar Sitompul, Alfred Simanjuntak, Nortier Simanungkalit, Kusbini, R.AJ. Sudjasmin, Ismail Marzuki, Haji Muthohar, J.A. Dungga dan lain-lain.

Selain itu juga ada WR Supratman yang menciptakan lagu Indonesia Raya yang akhirnya menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com