Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unand: Jangan Ada Joki dan Kecurangan Saat UTBK SNBT 2023

Kompas.com - 10/05/2023, 06:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Andalas (Unand), Prof. Yuliandri memantau proses pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 di beberapa lokasi ujian di kampus Limau Manis pada Selasa (9/5/2023).

Rektor Unand didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unand, Dr. Ing Uyung Gatot serta Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Unand Dr. Ernita Arif melakukan kunjungan ke beberapa lokasi ujian, seperti Laboraturium Komputer Fakultas Farmasi, Laboraturium Komputer Fakultas Kedokteran, dan Laboraturium Komputer UPT Pusat Bahasa.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Kunjungan Rektor Unand ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan UTBK SNBT 2023 berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Baik dalam hal penyelenggaraan tes maupun sistem keamanan ujian untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Prof. Yuliandri menyampaikan komitmennya untuk tetap memberikan pelayanan bagi calon mahasiswa.

Karena, tidak bisa diabaikan akan hak mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Melalui berbagai perbaikan yang dilakukan setiap tahun, dia yakin pelaksanaan UTBK SNBT 2023 dapat berjalan semakin baik dan lancar.

"Sebagai upaya mengantisipasi kecurangan ujian, SOP yang diberlakukan sebelum peserta masuk ke ruang ujian semakin ketat, antara lain dengan adanya pemeriksaan menggunakan alat metal detector," ujar dia mengutip laman Unand.

Baca juga: Peserta UTBK SNBT 2023 di UI: Belajar 3 Jam Sehari untuk Ujian

Prof. Yuliandri berharap peserta UTBK SNBT 2023 dapat terseleksi dengan baik, tanpa adanya kecurangan, menyontek, perjokian, dan lain sebagainya.

Di samping itu, Unand juga menyediakan posko layanan informasi di beberapa titik yang bertujuan untuk membantu para peserta agar tidak tersesat dalam mencari ruangan ujiannya.

Kemudian juga menyediakan dokter, perawat serta ambulance selama pelaksanaan ujian.

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Unand, Dr. Nur Afrainin Syah merinci terkait posko layanan informasi ini terdapat di delapan titik lokasi.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya Ingatkan Tak Boleh Makan Mi Instan Lebih 2 Bungkus dalam Seminggu

Yakni, bundaran depan Gedung Rektorat, bundaran Fakultas Kedokteran, simpang Fakultas Teknologi Informasi, Gedung Pustaka, Pos Enam Koperasi Mahasiswa, di depan Halte Fakultas Ekonomi, dan Bundaran Fakultas Teknik.

Dia juga mengingatkan kepada para peserta UTBK SNBT 2023 untuk sarapan terlebih dahulu serta menyiapkan kelengkapan ujian yang harus dibawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com