Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus SNBP 2023, Sekian Biaya Kuliah di UGM, ITB, UI

Kompas.com - 30/03/2023, 14:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang lulus jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023, bisa segera melakukan daftar ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan.

Mengetahui berapa biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan menjadi salah satu langkah untuk melakukan daftar ulang SNBP 2023.

Setiap PTN memiliki peraturan biaya kuliah yang berbeda.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, dan Brawijaya

Seperti Universitas Indonesia (UI) misalnya yang menerapkan Biaya Operasional Pendidikan atau BOP. Atau Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM. 

Berikut informasi biaya kuliah di UGM, ITB dan UI:

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) juga telah menetapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri UGM (UM-UGM) tahun akademik 2023/2024.

UKT di UGM terdiri atas dua macam, yaitu UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM dengan informasi rinci, sebagai berikut:

UKT Pendidikan Unggul UGM ditetapkan secara berkeadilan untuk menciptakan pendidikan unggul yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia.

UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM berupa subsidi sebesar 100 persen , 75 persen, 50 persen atau 25 persen dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

Baca juga: Institut Teknologi PLN Buka Pendaftaran 2023, Ada Ikatan Kerja di PLN

UKT kelompok 1 dan 2 sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan diberikan subsidi 100 persen (tidak dikenakan biaya).

Penetapan UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM didasarkan pada kemampuan ekonomi kedua orangtua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa.

Kemampuan ekonomi dievaluasi berdasarkan dokumen-dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa setelah dinyatakan diterima dan melakukan pendaftaran ulang.

Besaran UKT Pendidikan Unggul untuk setiap program studi Sarjana Terapan, Sarjana bidang Ilmu Sosial dan Humaniora, dan Sarjana bidang Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan.

Selengkapnya untuk informasi UKT UGM 2023, cek di laman ini

Baca juga: Universitas Brawijaya Buka Jalur Fast Track, S1 Plus S2 Hanya 5 Tahun

2. Institut Teknologi Bandung

ITB sudah mengumumkan biaya kuliah bagi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Bersama Berdasarkan Tes (SNBT) dan seleksi mandiri tahun 2023.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com