Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 16:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd menggelar ajang kompetisi bagi para talenta muda berbakat melalui Rushd National Olympiad (Ratio) 2023.

"Ratio 2023" merupakan olimpiade sains tingkat nasional bagi siswa SMP dan MTs atau sederajat di seluruh Indonesia dengan tiga cabang bidang studi dilombakan, yaitu IPA, IPS dan Matematika.

Gelaran ini dilaksanakan dalam dua babak, yaitu babak penyisihan (online) dan babak final (offline).

Babak Penyisihan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2023 secara daring dan babak Final dilaksanakan pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Kampus SMA Unggulan Rushd, Masaran, Sragen, Jawa Tengah.

"Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kembali jiwa kompetisi para siswa di bidang IPA, IPS dan Matematika serta asesmen diri atas materi pelajaran yang telah didapatkan di sekolah," ungkap Kepala SMA Unggulan Rushd, Eko Sugiyanto kepada Kompas.com (31/3/2023).

"Ratio 2023 merupakan event perdana yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Unggulan Rushd. Harapannya, semoga untuk event-event selanjutnya dapat diikuti lebih banyak peserta dari berbagai daerah di Indonesia," tambah Eko.

Tahun ini, gelaran Ratio diikuti sebanyak 442 peserta. Para peserta berasal dari 13 provinsi yaitu Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Sulawesi Tenggara dan Sumatera Utara.

Pada babak final terdapat 50 peserta terbaik untuk bidang IPA, IPS dan Matematika, sehingga total ada 150 finalis yang mengikuti babak final "Ratio 2023".

"Untuk para juara Ratio 2023, diambil 5 terbaik untuk masing-masing bidang," jelas Eko.

Baca juga: Perpani DKI Jakarta dan Pasaraya Blok M Gelar Lomba Panahan bagi Pelajar

Lebih jauh ia menjelaskan, seluruh peserta Ratio akan mendapatkan e-sertifikat, sertifikat untuk 50 finalis per bidang, medali dan sertifikat bagi para juara.

Selain itu diberikan pula uang pembinaan bagi para juara, yaitu Juara Pertama sebesar Rp. 1.000.000, Juara Kedua Rp.750.000, Juara Ketiga Rp.500.000, dan Juara Keempat dan Kelima sebesar Rp. 250.000.

Daftar juara "Ratio 2023"

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com