Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39.842 Siswa Pilih Universitas Brawijaya di SNBP 2023, Cek 10 Prodi Favorit

Kompas.com - 09/03/2023, 09:28 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Sebanyak 39.842 siswa memilih Universitas Brawijaya pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023.

Dari jumlah tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Imam Santoso mengatakan hanya ada 5.497 kursi yang disediakan pada jalur SNBP 2023.

Prof. Imam mengatakan, dari 39.842 dibagi antara pendaftar yang memilih UB di pilihan pertama sebanyak 26.814 atau 67.3 persen dan sebanyak 13.028 atau 32.7 persen yang memilih UB pada pilihan kedua.

Dari 83 program studi (prodi) atau jurusan yang ada di SNBP, Prof Imam mengatakan ada 10 jurusan terfavorit atau paling diminati.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Hukum Terbaik UI, UGM, UB, Unair dan Undip

Untuk lima jurusan saintek yang paling diminati atau terfavorit adalah pendidikan dokter, teknik informatika, ilmu keperawatan, farmasi, dan Ilmu gizi.

Sementara untuk lima jurusan sosial humaniora dengan peminat terbanyak adalah psikologi, akuntansi, manajemen, ilmu hukum, dan komunikasi.

Mantan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) tersebut mengatakan jumlah peminat UB dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya karena semakin banyaknya prodi yang sudah terakreditasi internasional.

"Di UB sudah ada sekitar 60-70 prodi terakreditasi internasional sehingga ini menjadi modal kuat dari sisi kinerja. Selain itu, lokasi UB sangat strategis didukung dengan harga kebutuhan pokok yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa," katanya, dari rilis UB yang diterima.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat UGM, Referensi UTBK SNBT 2023

Sementara itu, untuk kuota masing-masing jalur yang ditentukan UB yaitu SNBP 30 persen, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 30 persen, dan Mandiri 40 sebanyak persen.

"Sesuai dengan peraturan apabila kuota yang diterima pada jalur prestasi tidak terpenuhi maka akan ditambahkan pada SNBT. Begitu pula jika kuota SNBT tidak terpenuhi maka akan ditambahkan pada jalur mandiri. Meskipun begitu untuk kuota jalur Mandiri tidak boleh lebih dari 50 persen," katanya.

Peminat Jurusan Psikologi Meningkat

Jurusan Psikologi, kata Imam juga mulai meningkat tajam peminatnya.

Baca juga: 10 Prodi Unair dengan Daya Tampung Terbanyak di UTBK SNBT 2023

Menanggapi peminat prodi psikologi yang meningkat, Kepala Departemen Psikologi Ali Mashuri, menjelaskan ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu dari segi keilmuan dan prospek kerja.

"Dari segi ilmu, psikologi mempelajari perilaku manusia yang merupakan aktor utama dalam peradaban. Psikologi bisa mempelajari emosi dan perilaku manusia. Dari Segi prospek kerja, bidang psikologi sangat relevan dengan berbagai bidang pekerjaan mulai dari industri hingga pemerintah," Pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com