Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota KIP Kuliah 2023 Terbatas, Jangan Daftar di Waktu Akhir

Kompas.com - 15/02/2023, 15:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuota Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2023 cukup terbatas, sehingga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meminta calon mahasiswa segera mendaftar KIP Kuliah 2023.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Pelayanan pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar, yang meminta calon mahasiswa segera mendaftar KIP Kuliah 2023.

Alasannya selain kuota yang terbatas, mendaftar lebih awal tidak membuat mahasiswa merasakan error saat submit data.

“Ini penting, sebab menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran, ada kemungkinan trafik jaringan membludak sehingga berpotensi terganggu dan gagal atau tidak bisa submit, karena itu lebih cepat mendaftar lebih baik,” katanya dilansir dari laman Puslapdik.

Baca juga: Bantuan KIP Kuliah 2023 Capai Rp 12 Juta Per Semester, Segera Daftar

Namun sebelum mendaftar ia meminta calon mahasiswa sebaiknya mulai mencari info persyaratan mendaftar dan segera melengkapi sehingga saat masuk ke sistem KIP Kuliah bisa segera selesai, tidak berulang-ulang.

Paling penting disadari calon pendaftar KIP Kuliah 2023, adalah menyadari bahwa kuota KIP Kuliah itu terbatas sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh KIP Kuliah.

“Mungkin data-datanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan, tapi ada juga pertimbangan kelayakan, sehingga KIP Kuliah ini sifatnya kompetitif,“ jelasnya.

Hal ini penting disadari para siswa pendaftar agar siap bersaing mengikuti kompetisi yang sehat.

“Ingat, KIP Kuliah menerima semua jalur SNPMB, seperti seleksi SNBP, atau UTBK-SNBT, juga ada jalur seleksi di perguruan tinggi swasta, bisa di perguruan tinggi akademik atau vokasi," katanya.

Baca juga: Cara Cek NISN, NPSN, NIK buat Daftar KIP Kuliah 2023

KIP Kuliah merupakan program pemerintah untuk memberi kesempatan pada murid seluruh Indonesia dari keluarga tidak mampu menikmati bangku pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan harapan, mereka akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik setelah lulus dan dapat mengangkat status ekonomi dan sosial keluarganya di masa depan.

Kini KIP Kuliah 2023 dibuka untuk calon mahasiswa jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada 16 Februari 2023.

Berikut jadwal KIP Kuliah 2023 yang bisa disimak calon mahasiswa. 

Jadwal KIP Kuliah 2023

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah 2023: 14 Februari 2023 hingga 31 Oktober 2023.
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023: 16 Februari 2023 hingga 27 Februari 2023.
  • Penetapan penerima baru: 1 Juli hingga 31 Oktober 2023.

Pembukaan penutupan pemilihan jalur seleksi di SIM KIP Kuliah adalah H-1 dari jadwal seleksi nasional.

Saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2023, pastikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) valid di Dapodik Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Panduan Singkat Pendaftaran SNBP 2023 dari Login-Finalisasi

Selain itu pendaftar KIP Kuliah 2023 juga perlu memiliki email yang aktif untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.

Apabila ada NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, siswa bisa berkoordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com