Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kuliah di ITK? Cek 5 Prodi Favorit dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 07/02/2023, 15:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang ingin kuliah di Pulau Kalimantan, maka bisa mendaftar di Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Apakah kamu tertarik?

Jika tertarik, maka cek dulu program studi (Prodi) apa saja yang paling favorit di perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut.

Melansir laman ITK, Jumat (3/2/2023), ada beberapa prodi terfavorit di ITK pada pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Selain itu, ITK juga membagikan informasi mengenai prospek kerja dari tiap-tiap prodi favorit tersebut. Ini bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang ingin ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Baca juga: Pelampung Wahana Buoy Inovasi Dosen ITK Bisa Monitoring Tsunami

Prodi favorit ITK pada SNMPTN 2022

1. Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi ITK ditujukan sebagai pusat keunggulan penyelenggaraan pendidikan sistem informasi yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Sistem Informasi adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang analisa kebutuhan dan proses bisnis serta desain sistem.

Pembelajaran pada sistem informasi fokus pada Organizational Issues & Information Systems serta Application Deployment Configuration.

Sedangkan prospek kerjanya kalian bisa jadi IT Auditor, IT Project Manager, Business Analytics, dan Digital Entrepreneur.

2. Informatika

Lulusan Prodi Informatika ITK diharapkan memiliki kompetensi dalam bidang dasar informatika, memiliki keahlian dalam pemrograman komputer serta mampu mendayagunakan, mengevaluasi dan mengidentifikasi pengembangan sistem berbasis komputer.

Baca juga: Prodi Bisnis Digital ITK, Relevan dengan Perkembangan Zaman

Prospek kerjanya kalian bisa menjadi Software Engineer, Digital Entrepreneur, Artificial Intelligence Engineer, Computer Scientist, dan Data Scientist.

3. Perencanaan Wilayah dan Kota

Berdasarkan Association of Collegiate Schools of Planning (ACSP), perencanaan merupakan cara kreatif yang sistematis dalam upaya mempengaruhi masa depan lingkungan, kota, desa, dan area metropolitan, bahkan kota maupun negara.

Perencana kota dan wilayah menggunakan ilmu mereka secara profesional untuk melayani masyarakat menghadapi tantangan di bidang sosial, ekonomi, lingkungan, dan budaya.

Gelar yang diperoleh setelah menempuh program studi mengikuti standar yang ditetapkan Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia (ASPI) dan tujuan pembelajarannya.

Bahasa yang digunakan dalam program studi ini adalah Bahasa Indonesia, namun beberapa kuliah tamu dapat diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Lulusan program studi ini akan memperoleh gelar Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (S.PWK).

4. Teknik Mesin

Nantinya, lulusan Teknik Mesin mampu bekerja di bidang energi diantaranya pembangkit listrik, designer mesin konversi energi, industri pertambangan, industri manufaktur, industri robotika, industri otomotif.

Selain itu juga dalam bidang perancangan sistem pemanas, pengkondisian udara, pendingin, mesin fluida serta bekerja dibidang disiplin rotating dan static.

Baca juga: Tertarik Kuliah ITK, Ini 5 Prodi Baru dengan Prospek Menjanjikan

5. Teknik Industri

Untuk prodi favorit terakhir ialah Teknik Industri. Ini adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur, menganalisa, mengaplikasikan dan mengintegrasikan faktor-faktor seperti manusia, material, mesin, energi, lingkungan dan informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com