Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lolos UTBK-SNBT 2023? Ini yang Diperlukan Kata Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 11/01/2023, 09:27 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 akan diuji kemampuan daya nalar dan literasi.

UTBK-SNBT merupakan ujian yang sebelumnya dikenal UTBK-SBMPTN.

Baca juga: Tim SNPMB: Joki Tidak Bisa Berkutik Saat UTBK-SNBT 2023

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Anindito Aditomo mengaku, jika calon mahasiswa mampu memiliki daya nalar dan literasi yang baik, maka diyakini akan lolos dalam UTBK-SNBT 2023.

Konsep UTBK-SNBT, sebut dia, hampir sama dengan Kurikulum Merdeka.

Yakni, pelajar didorong memahami konsep mata pelajaran dan mampu menganalisa.

"UTBK-SNBT sekarang tidak mengukur penguasaan materi atau konten secara luas, jadi bukan hafalan yang penting, tapi pemahaman seperti pada Kurikulum Merdeka," kata dia dalam paparan pembukaan pelaksanaan SNPMB 2023 lewat YouTube SNPMB BPPP, Selasa (10/1/2023).

Pria yang akrab disapa Nino ini menyebut, Kurikulum Merdeka sangat sedikit secara konten tapi luas dalam pengembangan kompetensi siswa.

"Kurikulum Merdeka yang kontennya sedikit tapi orientasinya pada pengembangan kompetensi menalar dan karakter secara utuh. Ini juga diukur dalam seleksi perguruan tinggi jalur berdasarkan tes ini," jelas Nino.

Baca juga: Ikut SNBP 2023, Cek 10 Prodi Saintek dan Soshum Terketat SNMPTN 2022

Dia berharap pelaksanaan SNPMB 2023 bisa berjalan lancar, baik pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan UTBK-SNBT.

Adapun SNBP lebih dikenal dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

"Jadi, SNPMB 2023 ini pekerjaan besar yang kita garap bersama, antara Kemendikbud Ristek dengan pimpinan PTN di seluruh Indonesia," ujar dia.

Ketua Tim Penanggung Jawab SNPMB, Prof Mochamad Ashari menyebut, bagi siswa yang ingin ikut SNBP dan UTBK-SNBT, maka harus membuat akun SNPMB.

"Jadi sekarang itu buat akun SNPMB siswa dan sekolah, membuat akun atau registrasi," ucap Prof. Ashari.

Baca juga: SNPMB 2023 Telah Mulai, Sekolah dan Siswa Diminta Buat Akun Dulu

Pembuatan akun ini, bilang dia, akan melalui verifikasi dan validasi. Setelah itu, akan ada pengisian Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com