Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah S1 Ilmu Komunikasi UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad

Kompas.com - 22/12/2022, 09:02 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah atau program studi (prodi) yang cukup banyak diminati calon mahasiswa setiap tahunnya.

Mahasiswa yang kuliah dalam bidang ini tidak hanya belajar tentang upaya membangun public speaking yang mumpuni, tetapi juga mempelajari cara membuat dan menyampaikan pesan secara efektif.

Ilmu komunikasi juga disebut sebagai persilangan banyak disiplin ilmu, seperti psikologi, seni, teknologi, sosiologi, bisnis, sastra, dan politik.

Baca juga: Biaya Kuliah UGM D4-S1 di SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri 2022

Oleh karena itu, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan di era digital karena memiliki prospek kerja yang luas dan variatif. Kamu berpeluang menjadi wartawan, filmmaker, account officer, fotografer, presenter, dosen, public relations, pemasaran, copywriter, dan berkarier di event organizer.

Itulah sebabnya, setiap tahunnya jurusan ilmu komunikasi selalu diminati oleh calon mahasiswa baru. Di Indonesia, cukup banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang menyediakan jurusan ini.

Bagi kamu yang berencana mengambil jurusan ini, kamu dapat mempertimbangkan beberapa PTN yang memiliki jurusan ilmu komunikasi terbaik yang masuk dalam pemeringkatan dunia yakni Lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR).

THE WUR 2023 telah merilis peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan by Subject 2023.

Baca juga: Syarat Daftar Beasiswa S2- S3 ke AS 2023, Beri Biaya Kuliah dan Hidup

Pemeringkatan bidang ilmu tersebut didasarkan atas penilaian dari lima indikator yakni sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset (research), dan pengajaran (teaching).

Pemeringkatan di bidang Social Sciences (Ilmu Sosial) sendiri menggunakan indikator kinerja tepercaya dan ketat yang sama dengan Times Higher Education World University Rankings 2023, tetapi metodologinya telah dikalibrasi ulang agar sesuai dengan masing-masing bidang.

Pemeringkatan ini menyoroti universitas yang memimpin di seluruh disiplin ilmu komunikasi dan studi media, politik dan studi internasional (termasuk studi pembangunan), sosiologi, dan geografi.

Tahun 2023, ada sebanyak 941 universitas dunia yang masuk dalam pemeringkatan, naik dari tahun lalu yang berjumlah 870.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN, Mandiri 2022

Berikut tujuh kampus dengan disiplin Ilmu Komunikasi dan Studi Media terbaik Indonesia versi THE WUR by Subject 2023 dan biaya kuliahnya di penerimaan mahasiswa tahun 2022. Sebagai catatan, biaya kuliah bisa berbeda sesuai tahun ajaran.

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 501-600

Jurusan Ilmu Komunikasi di UI sudah terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Pada tahun 2021, jumlah pendaftar di jurusan ini melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sudah diganti dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebanyak 1.978 siswa, sementara daya tampungnya untuk 31 kursi saja.

Di UI, program studi (prodi) Ilmu Komunikasi di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel. Jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNBP, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi Masuk UI (SIMAK-UI).

Sementara itu, untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB).

Baca juga: Ini Biaya Kuliah S1 Aktuaria UI, UGM, ITB, UPH, dan UB

Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000,00 hingga Rp5.000.000,00. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Biaya pendidikan UI pada 2022 diatur berdasarkan SK Biaya Pendidikan UI Tahun 2022.

UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Baca juga: 5 PTN dengan Biaya Kuliah Termurah, Referensi SNPMB 2023

Untuk reguler, biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya sebesar Rp 12.000.000 per semester dan Rp 14.000.000 untuk uang pangkalnya.

Untuk WNA, biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya sebesar Rp 34.000.000 per semester dan Rp 27.000.000 untuk uang pangkalnya.

Informasi selanjutnya, silakan lihat di laman UI: https://www.ui.ac.id/program-studi/ilmu-komunikasi/

2. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat dunia: 601-800

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com