Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS AUR 2023

Kompas.com - 09/11/2022, 18:12 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menjadi perguruan tinggi terbaik Indonesia versi QS Asia University Rankings (AUR) 2023.

Di Asia Tenggara, UI menempati posisi 10 sebagai perguruan tinggi terbaik. Sedangkan di Asia, UI menempati peringkat 49.

Baca juga: Ini Jadwal Libur Sekolah Akhir 2022 untuk Siswa SD-SMA, Catat Ya!

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro mengaku, dari sisi kinerja dalam QS AUR 2023, UI mengalami peningkatan peringkat secara signifikan dari 56 pada tahun 2022 menjadi 49 pada tahun 2023.

"Ini merupakan sebuah capaian membanggakan yang diraih Universitas Indonesia, memposisikan diri sebagai universitas teratas di Indonesia," ucap Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Rabu (9/11/2022).

QS melakukan penilaian berdasarkan pengakuan akademis dan pemberi kerja, penelitian, sumber daya, dan internasionalisasi.

Metodologi yang digunakan untuk membuat peringkat QS Asia University Rankings serupa dengan yang digunakan untuk QS World University Rankings, dengan beberapa indikator tambahan dan bobot yang disesuaikan.

Adapun 11 indikator yang digunakan untuk menyusun QS AUR 2023, yakni:

  • Academic reputation (30 persen)
  • Employer reputation (20 persen)
  • Faculty/student ratio (10 persen)
  • International research network (10 persen)
  • Citations per paper (10 persen)
  • Papers per faculty (5 persen)
  • Staff with a PhD (5 persen)
  • Proportion of international faculty (2,5 persen)
  • Proportion of international students (2,5 persen)
  • Proportion of inbound exchange students (2,5 persen)
  • Proportion of outbound exchange students (2,5 persen).

Penilaian dilakukan oleh QS AUR 2023 terhadap 760 universitas.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

 

Mengutip dari siaran pers resmi yang diterbitkan QS, UI dinilai sebagai institusi terkemuka yang dianggap baik oleh akademisi dan pengusaha internasional.

QS menilai kinerja UI yang baik dalam indikator pertukaran pelajar inbound dan outbound.

Setidaknya ada 5 universitas di Indonesia yang termasuk 100 besar Asia dalam indikator Reputasi Akademik, berdasarkan survei QS terhadap lebih dari 151.000 akademisi internasional.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat ke-39 secara regional dalam indikator ini, diikuti oleh Universitas Indonesia (UI) di peringkat 41, Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 45, Universitas Airlangga (Unair) di peringkat 62, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) di peringkat 91.

Empat universitas di Indonesia termasuk di antara 50 besar Asia dalam indikator Reputasi Pemberi Kerja, berdasarkan survei QS terhadap lebih dari 99.000 pemberi kerja internasional.

Baca juga: 5 Negara Paling Bahagia dan Rekomendasi Beasiswa untuk S1-S3

Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat ke-40 secara regional dalam indikator ini. Disusul oleh Universitas Airlangga (Unair) di peringkat 46, Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 47, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 45.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com