Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 07:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beragam pilihan beasiswa ke luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3 masih dibuka pendaftarannya di bulan Oktober hingga November 2022 untuk berkuliah di tahun ajaran 2023.

Bagi kamu yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, beragam peluang beasiswa ini patut untuk kamu coba.

Berikut ini 12 jenis beasiswa dari jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa kamu daftar di bulan Oktober hingga November 2022, merangkum bimbingan beasiswa luar negeri Schoters Indonesia:

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

1. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) Scholarship

UNIST memberikan beasiswa untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Korea Selatan. Namun, pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar satu program saja.

Ada tiga jenis beasiswa yang diberikan oleh UNIST yakni beasiswa yang didanai oleh pemerintah Korea, beasiswa dari UNIST, dan beasiswa yang didanai oleh pihak lain (perusahaan, lembaga, orang lain, dan lainnya). Setiap program beasiswa memiliki cakupan beasiswa yang berbeda-beda.

Cakupan beasiswa yang didanai oleh pemerintah Korea yakni biaya kuliah secara penuh, uang saku bulanan, khusus untuk pascasarjana mahasiswa Teknik Manajemen dan siswa yang terdaftar melebihi periode kelas tidak termasuk, mahasiswa yang ingin mengambil gelar Doktor memenuhi syarat perekrutan dalam penelitian teknis, dan asrama di kampus tersedia untuk mahasiswa yang lulus mendapat beasiswa.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

Sementara itu, cakupan beasiswa yang didanai oleh UNIST yakni biaya kuliah secara penuh, uang saku bulanan, mahasiswa yang ingin mengambil gelar Doktor memenuhi syarat dalam perekrutan dalam penelitian teknis, dan asrama di kampus tersedia untuk mahasiswa S2.

Batas waktu pendaftaran pada 13 Oktober 2022

Untuk informasi lebih lanjut di laman https://admg-intl.unist.ac.kr/study-at-unist/scholarships/

2. Khalifa University Scholarship (KU)

KU membuka program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Khalifa University, Abu Dhabi. Untuk program KU Medical Scholarship. Mahasiswa yang boleh mendaftar adalah mahasiswa yang mendaftar program S3 bergelar Doctor of Medicine (MD) di Khalifa University.

Sementara itu, untuk program Graduate Research/Teaching Scholarship, mahasiswa yang boleh mendaftar adalah mahasiswa yang tidak berkewarganegaraan Uni Emirat Arab yang akan mendaftar program dengan gelar S2 dan S3 yang disediakan di Khalifa University. Cakupan beasiswa yang diperoleh tergantung pada program beasiswa yang dipilih.

Cakupan beasiswa KU Medical Scholarship yakni biaya uang kuliah, uang saku bulanan (tergantung kewarganegaraan pendaftar), akomodasi di asrama Universitas, bantuan dana untuk menghadiri acara edukasi secara nasional dan internasional, dan buku yang disediakan oleh pihak Universitas.

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Cakupan beasiswa untuk program Graduate Research/Teaching Scholarship yakni biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, akomodasi di asrama Universitas, biaya transportasi, dan bantuan dana untuk menghadiri konferensi penelitian internasional

Batas pendaftaran pada 23 Oktober 2022.

Untuk informasi lebih lanjut di laman https://www.ku.ac.ae/scholarships

3. National Dong Hwa University (NDHU) International Student Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Taiwan untuk menjalani kuliah di NDHU Taiwan jenjang S1, S2, dan S3.

Cakupan beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah secara penuh, tunjangan hidup per semester, biaya akomodasi, dan insentif penelitian.

Batas pendaftaran pada 31 Oktober 2022.

Untuk informasi lebih lanjut di laman https://www.iia.ndhu.edu.tw/en/national-dong-hwa-university-international-student-scholarship/

4. Monash International Leadership Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh Monash University kepada calon mahasiswa S1 dan S2 berprestasi untuk menimba ilmu di universitas Monas Australia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com