Kompas.com - 03/10/2022, 19:38 WIB

KOMPAS.com - Persaingan dan prestasi seringkali menjadi warna yang ada di sekolah. Hal ini dapat menjadi proses belajar penting bagi anak.

Proses belajar dengan daya saing, perjuangan, dan ketekunan dalam mencapai sesuatu merupakan fase penting bagi seorang anak yang harus diperhatikan oleh orangtua sebagai sosok terdekatnya. 

Namun, tidak semua anak punya kemampuan untuk bisa bersaing dengan baik di sekolah meski setiap anak memiliki potensinya masing-masing.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

Melansir dari situs resmi Sekolah Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur, berikut penyebab anak sulit bersaing dan berprestasi di sekolah.

1. Kurang nyaman dengan suasana belajar di kelas

Suasana kelas dapat menjadi hal pertama anak sulit bersaing di sekolah. Suasana ini ditentukan oleh berbagai hal, mulai dari bagaimana cara guru mengajar, kurikulum hingga teman-teman di kelas.

Tentu, setiap sekolah atau kelas memang punya suasananya sendiri.

Namun, bukan berarti semua siswa dapat merasa nyaman dengan suasana kelas. Beberapa justru cenderung kebingungan saat mengikuti kelas sehingga tidak bisa mengoptimalkan potensi belajarnya dengan baik.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

2. Kerap dibanding-bandingkan oleh orangtua atau guru

Penting untuk diketahui bahwa setiap kondisi anak itu berbeda. Semua orang lahir dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Ekspektasi tinggi terkait perkembangan anak boleh saja dimiliki orangtua atau guru, tetapi sebenarnya hal itu tidak selalu sesuai dengan realitanya.

Banyak anak yang kemudian dibanding-bandingkan oleh orangtua maupun gurunya sehingga meninggalkan kekecewaan tersendiri. Kekecewaan itulah yang membuat anak semakin kesulitan untuk bangkit dan bersaing di sekolah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.