Kompas.com - 24/09/2022, 12:19 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), Maria Cellina Wijaya dulu lulus Sarjana Kedokteran Unair di usia 19 tahun pada 2017.

Kini, usai menjadi dokter dan bertugas di Mojokerto, Celline, panggilan akrabnya ingin melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri.

Kenapa di luar negeri? Ini karena Celline bercita-cita menempuh pendidikan di luar negeri sejak kecil. Namun baru terwujud saat kuliah S2 ini.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal Kronik dan Cara Mencegahnya, Info Ners Unair

Ternyata, keinginan dia kuliah S2 karena pengalaman internshipnya yang ia jalani pada masa puncak-puncaknya Pandemi Covid-19 inilah yang mendorongnya untuk mengambil studi S2 di bidang kesehatan masyarakat.

"Saya merasakan sekali dampak pandemi ke sistem kesehatan di Indonesia. Di mana yang APD kekurangan, banyak sejawat kita yang meninggal juga," ujarnya dikutip dari laman FK Unair, Rabu (24/8/2022).

Sistem kesehatan masih lemah

Menurutnya, pandemi ini menjadi cobaan kepada sistem sekaligus dan terlihat jika ternyata sistem di Indonesia belum kuat.

Dari pengalaman riil ini, Celline merasa bahwa ahli-ahli di bidang kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan di Indonesia. Dari sini ia menemukan pilihan studi S2.

"Bisa dikatakan rata-rata lulusan dokter di Indonesia pasti langsung ambil spesialis. Namun dari pengalaman yang ada, saya terdorong untuk mengambil public health ini," jelasnya.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Lantas ia mendaftarkan diri di tiga kampus Amerika Serikat. Antara lain Universitas Harvard, California dan John Hopkins. Ketiganya masuk dalam lima jajaran kampus terbaik di dunia bidang kesehatan masyarakat.

"Saya sebenarnya daftar di tiga universitas langsung karena takut tidak diterima. Namun alhamdulillah bisa diterima ketiganya," ucap dia.

Halaman:
Sumber FK Unair


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.