Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2022, 11:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Tak hanya di darat, tetapi juga ada yang dari air maupun udaranya.

Bagi siswa yang sedang belajar mengenai sumber daya alam di Indonesia, maka harus paham beberapa hal terkat SDA.

Melansir laman Sistem Pembelajaran Daring Indonesia, berikut ini dijelaskan mengenai potensi sumber daya alam Indonesia.

Baca juga: Macam-macam Fondasi

Potensi sumber daya alam Indonesia

1. Potensi sumber daya udara

Tentunya, udara memiliki fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup dan tidak bisa digantikan dengan apapun.

Selain untuk bernapas, udara juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses fotosistesis yang nantinya, hasil dari fotosintesis yang berupa bahan makanan dan oksigen dapat dinikmati oleh manusia atau hewan.

Selain itu, udara memiliki potensi sumber daya alam yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu negara, yakni sebagai pembangkit listrik.

Di Indonesia sendiri, pembangkit listrik tenaga angin dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan telah resmi dibangun untuk komersil pada 2018 di Sulawesi Selatan.

Selain sebagai pembangkit listrik, potensi udara lainnya meliputi penyerapan radiasi sinar UV dari sinar matahari, pemancar telekomunikasi, pengolahan makanan, dan penyebaran spora tumbuhan melalui udara.

2. Potensi sumber daya tanah

Potensi sumber daya alam Indonesia yang lainnya ialah tanah. Tentu tanah sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bercocok tanam hingga pembangunan rumah dan jalan. Umumnya, tanah di Indonesia sangat cocok untuk ditumbuhi tumbuhan seperti padi, jagung, kayu jati, dan lain sebagainya.

Potensi sumber daya tanah yang tak luput dari kegunaannya untuk bercocok tanam, maka sektor pertanian dan perkebunan yang ada di Indonesia bisa menopang perekonomian negara.

Baca juga: 3 Perbedaan AN dan UN, Siswa Sudah Paham?

Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia menghasilkan hasil pertanian dan perkebunan yang cukup besar yang mana dapat membantu perekonomian masyarakat.

Hasil pertanian dan perkebunan di Indonesia juga sudah diekspor ke negara lain dalam jumlah besar. Sebut saja perkebunan karet yang hasilnya di ekspor.

Selain untuk bercocok tanam, tanah juga digunakan sebagai pembuatan batu bata untuk pembangunan dan juga tanah lempung yang biasa dipakai untuk membuat kerajinan atau gerabah.

3. Potensi sumber daya air

Air juga memegang peranan penting dalam kehidupan dan memiliki potensi besar dalam pembangunan suatu negara. Air dapat digunakan sebagai pembangkit listrik dan juga berguna sebagai air minum bagi manusia.

Selain itu, dengan adanya siklus pendek, sedang dan panjang yang terjadi pada siklus hidrologi air danau dan air sungai yang dapat menjadi perkembangan hewan air yang nantinya dapat menjadi pangan untuk masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com