Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Fresh Graduate, Ini 5 Hard Skill yang Harus Ada dalam CV

Kompas.com - 06/09/2022, 06:25 WIB
Andia Christy,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Curriculum Vitae (CV) menjadi senjata penting untuk melamar pekerjaan bagi seorang fresh graduate. Seorang tenaga rekrutmen dapat melihat kemampuan diri kamu melalui CV, sehingga penting untuk mencantumkan skill yang dimiliki.

Salah satunya ialah hard skill. Hard skill menjadi harga mati seseorang agar memiliki keunggulan dibandingkan kandidat lain.

Baca juga: Mengenal SMA Pradita Dirgantara, Sekolah Terbaik Ke-3 di Indonesia

Merangkum situs resmi The Balance Careers, hard skill mencakup pengetahuan dan kemampuan khusus yang diperlukan untuk sukses dalam suatu pekerjaan.

Jenis keterampilan ini dipelajari dan dapat didefinisikan, dievaluasi, dan diukur.

Platform pendidikan bimbingan kuliah ke luar negri dan bahasa Asing Schoters membagikan 5 jenis hard skill yang harus ada di CV seorang fresh graduate. Simak poin-poin di bawah ini!

1. Digital marketing

Sertifikasi dari skill ini bisa banget kamu masukkan dalam CV. Terlebih jika karier kamu linier dengan bidang marketing.

Menambahkan dari situs karir Zety, hard skill terkait marketing seperti ini memiliki nilai terbesar bagi kandidat di media, periklanan, media sosial, e-commerce, dan manajemen produk.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Jakbar dan Jaktim Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Contoh sertifikasinya meliputi Ads, SEO, content marketing, social media, atau email marketing.

2. Microsoft office

Skill ini merupakan salah satu kemampuan dasar yang selalu dicari di berbagai bidang, seperti finance, banking, marketing, dan lain-lain.

Situs karir internasional Indeed menjelaskan, Microsoft Office adalah alat yang paling banyak digunakan untuk mendokumentasikan, mengatur informasi, menyampaikan presentasi, dan memproses data.

Untuk alasan ini, efisiensi Microsoft Office biasanya merupakan keterampilan yang diperlukan untuk sebagian besar posisi, terlepas dari industri pekerjaan yang kamu ingin geluti.

3. Project Management

Kemampuan memimpin suatu proyek juga bisa ditambahkan ke dalam CV.

Baca juga: 10 SMA Swasta Terbaik di Jakarta Versi LTMPT 2022

 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com