Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Prospek Kerja Teknik Industri di Era Revolusi 4.0

Kompas.com - 31/08/2022, 22:49 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Revolusi Industri 4.0 membutuhkan permintaan SDM yang ahli teknologi sekaligus merupakan prospek cerah bagi mahasiswa Industrial Engineering atau Teknik Industri.

Jurusan Teknik Industri sendiri dari tahun ke tahun memiliki tingkat persaingan yang ketat. Apalagi, setelah banyak perusahaan menuju Revolusi 4.0 yang membutuhkan lulusan jurusan ini, makin banyak pula peminatnya.

Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh prospek kerja jurusan Teknik Industri era Revolusi 4.0 dilansir dari laman Binus.

1. Quality Control

Apakah kamu termasuk mahasiswa dengan tingkat ketelitian tinggi selama belajar di jurusan kuliah Industrial Engineering? Kalau iya, berarti kamu berpotensi masuk ke divisi quality control.

Divisi quality control bertanggung jawab terhadap kualitas produk yang diproduksi menggunakan mesin industri.

Baca juga: Beasiswa S2/S3 ke Korea Selatan, Uang Saku Rp 54 Juta Per Tahun

Biasanya, tugas utama divisi ini adalah memastikan semua produk sudah sesuai dengan standar mutu perusahaan. Karena itulah, pekerjaan divisi quality control harus dipegang oleh karyawan dengan ketelitian tinggi.

Divisi quality control juga bertugas menjamin kepuasan konsumen dalam pemakaian produk.

Jika terjadi retur, divisi ini pula yang harus bertanggung jawab. Karena itulah, rata-rata gaji quality control terbilang tinggi. Satu orang quality control engineer umumnya dibayar sekitar Rp 10—15 juta.

2. Divisi Safety, Health, and Environment (SHE)

Keselamatan dan kesehatan pekerja merupakan tanggung jawab perusahaan. Karena itu, manajemen perusahaan kerap mengalokasikan anggaran cukup besar untuk kedua hal tersebut.

Agar bisa menekan anggaran, banyak perusahaan merekrut karyawan untuk divisi health, safety, dan environment (HSE). Tugas utama HSE adalah menganalisis prosedur kerja dan lokasi.

Seorang HSE harus mampu memprediksi tingkat keamanan lingkungan kerja bagi karyawan.

Mengingat besarnya tugas divisi HSE, perusahaan kerap menggaji sebesar Rp10 jutaan per orang. Sementara itu, gaji untuk senior divisi HSE mencapai lebih dari Rp 12 jutaan per bulan, belum termasuk tunjangan.

3. Biomedis

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com